Harga Genteng Berdasarkan Jenis Materialnya

harga genteng

Genteng berfungsi sebagai pelindung dari cuaca ekstrem dan memberikan estetika pada rumah. Dalam memilih genteng, faktor harga genteng menjadi salah satu pertimbangan utama selain kualitas dan daya tahan.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Genteng

Berikut ini beberapa jenis genteng yang umum di Indonesia beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat memiliki kelebihan dalam hal daya tahan yang baik. Dengan tampilan klasik dan alami, genteng ini cocok untuk rumah-rumah dengan desain tradisional. Material tanah liat juga memiliki kemampuan isolasi panas yang baik serta menjaga suhu dalam ruangan tetap sejuk. Namun, genteng tanah liat cukup berat dan membutuhkan struktur rangka atap yang kuat.

2. Genteng Beton

Di sisi lain, genteng beton tahan terhadap berbagai cuaca ekstrem seperti angin kencang dan hujan deras. Genteng ini tersedia dalam berbagai warna dan bentuk sehingga dapat disesuaikan dengan desain rumah modern dan memerlukan perawatan yang rendah. Meski demikian, genteng beton juga berat dan memerlukan struktur atap yang kokoh sama seperti genteng tanah liat.

3. Genteng Keramik

Permukaan keramik yang licin membuat genteng ini tahan terhadap lumut dan jamur, serta warnanya tidak mudah pudar meskipun terkena sinar matahari langsung. Meskipun memiliki banyak kelebihan, kerapuhan materialnya membuat genteng ini cukup rentan pecah jika terkena benturan keras.

4. Genteng Metal

Keunggulan dari genteng metal adalah bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan genteng tanah liat dan beton. Material metal tahan terhadap korosi dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan proses pemasangan yang relatif cepat dan mudah. Namun, genteng metal dapat menimbulkan suara bising saat hujan deras atau terkena benda-benda keras.

Baca Juga: Website Tukang Bangunan Terbaik

Harga Genteng Berdasarkan Jenisnya di Pasaran Terbaru

Adapun daftar kisaran harga per biji dari genteng menurut jenis-jenisnya di pasaran saat ini, yaitu:

Jenis GentengHarga/biji
Genteng Tanah LiatRp5.000
Genteng BetonRp10.000
Genteng KeramikRp15.000
Genteng MetalRp30.000

Setiap jenis genteng memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan informasi ini, semoga dapat bermanfaat dalam menentukan bahan atap dan harga genteng yang sesuai dengan preferensi serta anggaran Anda.

Mau order jasa pembuatan rangka atap secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan