Panduan Akurat Menghitung Harga Bangun Rumah Per Meter

biaya-bangun-rumah-per-m2

Membangun rumah menjadi salah satu keinginan yang ingin diwujudkan oleh setiap orang. Sebelum merealisasikan hal tersebut, langkah awal yang bisa dilakukan adalah menghitung harga bangun rumah per meter. Pada intinya, menghitung biaya yang harus Anda keluarkan dalam membangun rumah merupakan aspek penting yang harus Anda perhatikan.

Dengan menghitung biaya proyek pembangunan yang hendak Anda lakukan, sedikit banyak Anda bisa mengetahui perkiraan biaya yang Anda butuhkan dalam upaya membangun rumah yang Anda impikan. Anda bisa menyimak beberapa panduan akurat untuk menghitung biaya pembangunan rumah dalam artikel di bawah ini.

3 Panduan Akurat dalam Menghitung Harga Bangun Rumah Per Meter

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara yang langkah yang memudahkan Anda dalam menghitung biaya pembangunan rumah yang hendak Anda lakukan. Beberapa langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Hitung luas denah bangunan rumah yang hendak Anda buat

Langkah pertama, Anda harus memastikan berapa luas denah bangunan rumah yang hendak Anda buat sesuai dengan total luas lahan yang Anda miliki. Memastikan luas denah bangunan secara tidak langsung dapat mempermudah Anda dalam mengambil gambaran yang sesuai tentang perkiraan harga bangun rumah per meter.

2. Tentukan tipe bangunan yang hendak Anda bangun

Selanjutnya, pemilihan tipe bangunan rumah yang hendak Anda bangun juga berpengaruh besar terhadap total biaya pembangunan rumah yang Anda keluarkan. Contohnya saja mendirikan bangunan berlantai 1 tentu memiliki total biaya pembangunan yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan membuat bangunan yang berlantai dua atau lebih.

Baca Juga: Harga Jasa Service Laptop dan Jenis Kerusakannya

3. Harga serta kualitas material bangunan yang digunakan

Terakhir, Anda juga harus memastikan harga serta kualitas material bangunan yang digunakan. Pastikan jika Anda menentukan kualitas material bangunan sesuai dengan anggaran yang telah dipersiapkan untuk mempermudah dalam menghitung biaya pembangunan.

Dari segelintir panduan yang disebutkan di atas, diharapkan Anda dapat menghitung harga bangun rumah per meter dengan mudah dan mampu mendirikan bangunan rumah yang selama ini telah Anda impikan dan idamkan.

Anda dapat melihat contoh rincian harga dalam membangun rumah per meternya dengan menyimak tabel berikut:

No.Model BangunanHarga/Meter2
1.Rumah sederhana 1 lantaiRp 3.000.000 – Rp 4.000.000
2.Rumah sederhana 2 lantaiRp 4.000.000 – Rp 5.500.000
3.Rumah mewah 1 lantaiRp 5.000.000 – Rp 6.500.000
4.Rumah mewah 2 lantaiRp 6.000.000 – Rp 7.500.000
5.Rumah clusterRp 7.000.000 – Rp 8.500.000

*Rincian harga dapat berubah sesuai dengan luas lahan hingga material yang digunakan.

Mencari info mengenai cara hitung biaya pembangunan rumah? Butuh dan ingin pesan jasa tukang untuk bangun rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan