Desain Rumah Jawa Kuno Bagi Anda yang Klasik

Desain rumah Jawa kuno cocok untuk digunakan di daerah bersuhu udara rendah. Kesejukan terasa dengan dukungan desain arsitektur agar hunian menjadi lebih nyaman. Akan tetapi ada pula orang yang menyukai desain rumah Jawa sekalipun di wilayah perkotaan. Rumah dengan konsep klasik ini memang menarik dengan unsur budaya Jawa yang kental.

Rumah Jawa atau dikenal dengan nama rumah Joglo memang menjadi perhatian di kalangan masyarakat. Dengan atap yang berbentuk trapesium menjadi ciri khas tersendiri dari desain rumah Jawa. Atap dengan warna kecoklatan serta tiang penyangga yang disebut soko merupakan pelengkap desain rumah Jawa. Nah, bagaimana jika desainnya dibuat sesuai perkembangan zaman? Cukup menarik tentunya.

Beberapa Inspirasi Desain Rumah Jawa Kuno

Anda dapat membuat rumah minimalis dengan gaya Jawa yang menarik tentunya. Jika Anda masih bingung dengan desainnya, berikut beberapa inspirasi desain rumah Jawa limasan yang mungkin bisa Anda terapkan untuk hunian Anda. Ikuti terus!

Desain Rumah Jawa Berikut Dekorasinya

Rumah Joglo yang berasal dari Jawa Tengah juga menjadi salah satu rumah tradisional di Indonesia yang secara umum dibuat dengan kayu. Rumah Joglo memiliki bentuk khas pada atap yang cenderung mengerucut seperti gunung.

Hal lainnya yang membuat desain rumah Jawa kuno ini menonjol dari bangunan lainnya ada pada ornamen-ornamen kayu yang memiliki desain khas ornamen Jawa. Rumah Joglo asli mempunyai ketentuan khusus dalam pembangunan, antara lain memiliki tiang-tiang penyangga atap dengan sebutan soko guru serta pintu berikut jendela yang dibuat dari kayu dengan hiasan ukiran.

Baca juga: Renovasi Rumah Jawa Jadi Minimalis Gaya Klasik Modern

Desain Rumah Jawa Sederhana dan Minimalis

Desain rumah Jawa klasik dengan kesan sederhana dan minimalis juga dapat Anda tunjukkan pada eksterior rumah. Seperti apa caranya? Anda bisa memilih warna gelap yang memang menjadi ciri khas konsep sederhana dan minimalis.

Pilih warna abu-abu gelap atau hitam pada beberapa bagian luar rumah dan atap. Bangunan tetap memiliki bentuk simetris tanpa lekukan namun tetap menjaga atap rumah Jawa yang berbentuk trapesium.

Desain Rumah Jawa Kuno dengan Atap Berwarna Terang

Secara umum rumah Joglo yang asalnya dari Jawa menggunakan atap genting dengan warna kecoklatan. Akan tetapi agar terlihat lebih segar dan menarik, Anda dapat mengganti warna atap dengan pilihan warna yang lebih terang.

Desain rumah Jawa satu ini tampak lembut dan feminin bukan? Penggunaan batu bata yang berwarna coklat tua tetap bisa dipertahankan serta list untuk bagian eksterior hunian.

Desain Rumah Jawa Klasik Mewah dengan Kolam Ikan

Penggunaan tiang-tiang merupakan salah satu ciri khas dari desain rumah Jawa atau rumah Joglo. Hal ini memang pantas menjadi pusat perhatian dari rumah tersebut. Tiang yang umumnya disebut soko bisa mempercantik tampilan teras rumah.

Nah agar rumah tak terlihat monoton, maka Anda bisa menambahkan dekorasi kolam ikan di bagian luar dari teras. Kolam ikan berikut air mancur yang ada di dalamnya bisa mempercantik rumah Anda bukan?

Demikian pembahasan tentang beberapa inspirasi desain rumah Jawa. Dari beberapa inspirasi desain di atas mana yang menjadi favorit Anda? Desain rumah Jawa kuno memang selalu tampak menarik. Yuk berkreasi untuk hunian Anda sendiri.

Bagi Anda yang ingin mewujudkan desain rumah Jawa bisa dengan mengunjungi laman Suwun.co.id. Ada banyak informasi mengenai berbagai jenis jasa yang ada di sekitar Anda. Tak hanya akses web, Anda pun dapat melakukannya dengan aplikasi Suwun yang bisa diunduh dari Play Store ataupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan