Memahami Ciri Freon AC Bocor dengan Praktis dan Mudah

ciri-freon-ac-bocor

AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat membantu untuk mengatasi hawa panas dan terik, terutama di siang hari. Jika AC yang Anda miliki mengalami perubahan suhu yang drastis dan tidak mampu mendinginkan ruangan seperti biasanya, bisa jadi itu salah satu ciri freon AC Bocor.

Selain tidak mampu menghasilkan suhu dingin dengan optimal, nyatanya ada beberapa ciri lain yang bisa menjadi indikasi freon AC yang Anda gunakan mengalami kebocoran. Untuk memahami ciri-ciri apa saja yang menandakan jika freon AC bocor, tidak ada salahnya Anda mengikuti pembahasan berikut.

3 Ciri Freon AC Bocor yang Perlu Anda ketahui

Seperti yang sudah diketahui, kebocoran pada freon AC membuat kinerja dari AC yang Anda miliki menurun secara drastis. Agar dapat menanganinya dengan segera, penting bagi Anda memahami ciri-ciri yang menandakan bahwa freon AC yang Anda miliki bocor seperti yang dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

1. AC mengeluarkan suara yang berisik

Salah satu ciri yang mudah untuk Anda kenali adalah suara yang berbeda pada AC yang sedang digunakan. Pada AC dengan freon yang normal, suara akan terdengar halus, sedangkan pada freon yang mengalami kebocoran, AC akan mengeluarkan suara yang berisik seperti suara desisan.

2. AC mengeluarkan bau yang tidak sedap

Selain menghasilkan suara yang berisik, AC yang alami kebocoran pada freon juga umumnya akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan cenderung tidak enak. Ciri freon AC bocor yang satu ini dikarenakan reaksi kimia yang terjadi antara freon dengan udara di sekitar AC yang memicu bau tidak sedap tersebut.

Baca juga: Apa Itu Freon AC? Cara Kerja Freon dalam AC

3. Tagihan listrik yang membengkak

Jika listrik yang Anda gunakan semakin boros, bukan tidak mungkin penyebabnya karena kebocoran freon pada AC yang Anda miliki. Bocornya freon pada AC otomatis membuat AC bekerja dengan lebih keras untuk menghasilkan dingin sehingga membuat penggunaan daya listrik meningkat.

Dengan mengetahui ciri freon AC bocor melalui pembahasan tersebut di atas, Anda bisa mencegah kerusakan perangkat AC yang lebih parah dan dapat segera meminta bantuan teknisi AC untuk mengatasi masalah tersebut.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan