9 Cara Menata Dapur Kecil Memanjang

Interior dapur yang digunakan dengan tepat bisa mempengaruhi suasana. Baik dari dekorasi, warna, material, dan tata letak ruang dapat menjadi faktor penentu keindahan dapur tersebut. Meski dibangun pada lahan yang tidak luas hal itu tidak lagi menjadi masalah, karena dengan cara menata dapur kecil memanjang kendala dapat terselesaikan.

Bagaimana Cara Menata Dapur Kecil Memanjang?

Saat ini model dapur dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sehingga tidak perlu khawatir mengatur ruang dapur yang sempit. Dengan penataan yang tepat kegiatan di dapur dapat lebih leluasa. Untuk itu yuk intip bagaimana cara praktis menata dapur kecil memanjang di bawah ini.

  1. Kerapian dan Kebersihan Dapur Paling Utama

Agar dapur terlihat lebih lapang dan luas Anda perlu mengutamakan kerapian dan kebersihannya. Apalagi jika bentuk dapur adalah Leter U, Leter L, dan memanjang semakin bersih dapur akan semakin lapang ruangannya. Oleh karena itu, penataan dapur kecil ini dapat dimulai dengan menjaganya supaya tetap rapi dan bersih.

  1. Menggunakan Konsep Rak Dinding Terbuka

Konsep rak dinding terbuka ini tidak selamanya mengganggu tampilan dapur Anda. Bahkan menata dapur kecil dan memanjang dengan konsep ini, membuat barang yang sudah tidak dipakai dapat diketahui lebih cepat sehingga bisa segera melakukan decluttering dapur.

  1. Pilih Warna Cat Tembok Cerah

Penataan dapur kecil agar lebih luas dapat dilakukan dengan cara menerapkan warna cat tembok yang cerah. Tidak hanya cat tembok, Anda juga dapat menerapkannya pada kitchen set dan perabot lain. Warna cerah ini bisa membuat Anda semakin bersemangat melakukan aktivitas dapur.

  1. Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Menggunakan Kabinet Geser

Anda bisa menerapkan pemakaian kabinet geser. Jika dibuat menggunakan desain minimalis kabinet tidak akan memakan banyak tempat. Dengan begitu Anda tidak akan berdesakan jika berada di dapur bersama anggota keluarga lain.

Baca juga: Cara Membuat Kitchen Set Berkualitas dan Cepat

  1. Memanfaatkan Ruang Penyimpanan Bawah

Memanfaatkan ruangan penyimpanan bawah dapat dijadikan sebagai solusi. Caranya dengan simpan peralatan dapur pada ruang di bawah tempat cuci piring atau kompor. Sehingga penampilan luarnya akan tampak minimalis dengan penggunaan kabinet dari material berkilau atau berwarna-warni.

  1. Tidak Menggunakan Dekorasi Terlalu Banyak

Selain kerapian dan kebersihan, dekorasi juga sangat penting untuk membuat dapur kecil Anda menjadi lebih luas. Sayangnya jika berlebihan juga membuat ruangan menjadi tidak aesthetic. Karena dengan banyaknya dekorasi membuat dapur terlihat sesak dan sumpek.

Agar dekorasi yang dipakai tidak mengganggu cobalah menggunakan tanaman hias atau lampu gantung yang terkesan minimalis namun tetap elegan. Sehingga metode ini dapat dijadikan sebagai cara menata dapur kecil memanjang dan minimalis.

  1. Gunakan Lantai Kayu

Penggunaan lantai kayu dapat dijadikan solusi atau cara menata dapur kecil memanjang agar lebih lebar. Tidak hanya itu dengan bahan dasar kayu lantai dapur Anda akan lebih hangat serta menarik. Disarankan warna kayu yang dipilih serasi dengan warna kitchen set.

  1. Memiliki Ventilasi Udara

Untuk penataan dapur kecil memanjang Anda tidak boleh melupakan hal satu ini. Ruangan yang terbatas ini akan terkesan sumpek jika tidak memiliki ventilasi. Maka dari itu siasati dengan penggunaan jendela besar supaya udara masuk ke dalam dapur.

  1. Menggunakan Kitchen Set Satu Baris

Cara menata dapur kecil memanjang yang terakhir yakni dengan menerapkan kitchen set satu baris. Karena penggunaannya memberikan space kosong yang dapat dimanfaatkan untuk hal lain seperti meletakkan kursi, meja, atau kulkas.

Anda kesulitan untuk menemukan jasa dekorasi dapur? Silakan kunjungi Suwun.co.id dan temukan jasa yang Anda butuhkan. Nantinya akan ditampilkan pilihan jasa yang sesuai. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan