Cara Memperbaiki Earphone Mati

earphone-mati

Banyak orang menggunakan earphone untuk dapat mendengarkan audio dengan lebih jelas. Sayangnya earphone juga dapat mengalami kerusakan seperti earphone yang mati sebelah. Tidak heran jika banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara memperbaiki earphone mati sebelah.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah dengan Mudah Tanpa Alat

1. Memperbaiki earphone mati sebelah dengan meluruskan kabel

Menyebalkan memang jika earphone yang sehari-hari digunakan ternyata mati sebelah. Jangan dibuang dulu, Anda bisa memperbaikinya kok. Tidak perlu alat-alat khusus apapun untuk mengatasi masalah ini.

Cara ini cukup mudah karena Anda hanya perlu meluruskan kabel saja. Silahkan untuk luruskan kabel earphone Anda dari ujung ke ujung. Selanjutnya Anda bisa coba dengan cara memutar atau menekuk kabel untuk menyesuaikan posisi agar bisa terdengar audio dari lubang earphone.

Supaya tidak perlu repot-repot mencari posisi lagi, Anda bisa tahan posisi kabel menggunakan selotip. Cara ini bisa dicoba terutama untuk Anda yang sering membawa earphone dengan mengikat atau membungkus earphone yang bisa menyebabkan salah satu earbud berhenti bekerja.

2. Cara memperbaiki earphone mati sebelah dengan restart perangkat

Bagi Anda tidak nyaman mendengarkan hanya dari satu earphone, bisa mencoba cara memperbaiki earphone Bluetooth mati sebelah seperti yang satu ini. Lakukan restart smartphone android atau perangkat yang Anda gunakan untuk mendengarkan audio.

Cara ini dapat dicoba karena mungkin ada pengaturan atau pembaruan pada perangkat Anda yang mempengaruhi sistem audio. Anda mungkin secara tidak sengaja mengubah pengaturan yang membuat audio tidak dapat didengar melalui earphone. Jadi untuk memastikannya, Anda bisa restart perangkat terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Jasa Bordir Logo Komputer dan Manual

3. Memperbaiki earphone mati sebelah dengan membersihkan Jack earphone

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi earphone mati sebelah adalah membersihkan bagian Jack earphone. Cara memperbaiki earphone iPhone mati sebelah yang cukup mudah untuk dilakukan ini dapat menggunakan cotton bud.

Earphone yang sering digunakan rentan kemasukan kotoran atau debu yang menyebabkan perangkat ini tidak berfungsi dengan baik. Silahkan Anda bersihkan Jack earphone dengan perlahan. Pastikan kuncup earphone tidak mengembang supaya tidak ada kapas yang tersangkut pada soket.

Gerakan dengan cara mendorong cotton bud secara perlahan ke dalam Jack earphone hingga menyentuh ujungnya. Kemudian putar bertahap untuk mengangkat kotoran di semua sisi Jack earphone.

4. Bandingkan dengan earphone lain

Apabila tidak berhasil juga dengan cara-cara di atas, Anda mungkin perlu mencoba dengan earphone lain. Ini dilakukan untuk mengecek penyebab earphone mati sebelah, apakah penyebabnya berasal dari earphone atau dari masalah atau bug ponsel.

Jika dicoba dengan earphone lain suaranya terdengar dari kedua earbud, maka earphone Anda yang rusak. Namun apabila dicek dengan earphone lain juga hanya sebelah saja suaranya, seperti suara kiri atau suara kanan, Anda bisa mengecek bug di smartphone atau dengan update software.

Itulah beberapa cara memperbaiki earphone mati sebelah yang cukup mudah dilakukan tanpa bantuan alat apapun. Namun apabila earphone Anda ternyata hanya tidak berfungsi pada perangkat tertentu, mungkin kerusakannya bukan pada earphone. Anda membutuhkan teknisi untuk mengecek perangkat yang Anda gunakan untuk mendengarkan audio melalui earphone tersebut.

Apakah Anda sedang mencari teknisi atau jasa service perangkat elektronik? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan gunakan fitur pencarian untuk menemukan beragam pilihan jasa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan