Cara Membersihkan Mesin Cuci Satu Tabung dengan Mudah

jasa-cuci-pakaian

Mencuci pakaian tidak lagi menjadi aktivitas yang merepotkan jika sudah ada mesin cuci di rumah Anda. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan mesin cuci. Pasalnya, mesin cuci yang tak terawat bisa menimbulkan bau tidak sedap serta berpengaruh pada performa mesin cuci itu sendiri. Agar mesin cuci Anda senantiasa bersih dan awet, mari simak cara membersihkan mesin cuci dengan mudah.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Membersihkan mesin cuci berfungsi untuk membersihkan kerak noda, aroma tidak sedap, hingga jamur yang hinggap di dalam mesin cuci yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari kotoran yang ada di tabung menempel pada pakaian kita.

Cara membersihkannya pun sangat mudah, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan sederhana yang ada di dalam rumah. Setelah itu, ketahui jenis mesin cuci yang kamu miliki, apakah mesin cuci bukaan depan, bukaan atas, atau mesin cuci dua tabung. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung

2. Membersihkan Sisa Detergen di Mesin Cuci

Langkah pertama bisa Anda mulai dengan memastikan sisa-sisa detergen di mesin cuci sudah dibersihkan dengan baik. Biasanya, sisa detergen masih melekat di bagian tabung mesin cuci. Apabila dibiarkan begitu saja, residu detergen ini dapat menimbulkan noda kerak, jamur, serta karat.

Ingat, produk pembersih pakaian yang Anda gunakan juga berpengaruh pada seberapa banyak residu yang menempel di mesin cuci. Ada baiknya Anda tidak menuangkan pelembut pakaian ke dalam mesin cuci.

Anda disarankan untuk selalu menggunakan detergen khusus mesin cuci guna mencegah penumpukan residu.

3. Pastikan Bagian Tabung Sudah Bersih

Apabila masih ada noda di bagian dalam tabung, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih mesin cuci.

Alternatif lainnya, Anda bisa memanfaatkan bahan rumahan untuk membersihkan tabung, seperti larutan cuka atau pemutih.

Agar mendapatkan hasil terbaik, buka tutup mesin cuci dan saat tabung terisi, tambahkan satu liter cuka putih atau pemutih. Ada beberapa orang lebih memilih cuka, karena akan mendisinfeksi mesin cuci tanpa efek yang keras seperti pemutih.

4. Bersihkan Mesin Cuci

Lepaskan bagian mana pun pada mesin cuci yang Anda bisa, bersihkan sudut dan celah di bawah tutupnya. Lepas, rendam, dan gosok bagian mesin cuci, seperti kotak deterjen dan pelembut kain.

Keringkan secara menyeluruh. Dengan menggunakan sikat gigi, bersihkan bagian atas agitator dan area yang sulit dijangkau di bawah tutup dan di sekitar tepi tabung mesin cuci.  

Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk merawat bagian depan dan samping mesin cuci, tetapi jangan tutup dulu pintu mesin cuci Anda

5. Bersihkan Filter Mesin Cuci

Setelah bagian tabung sudah bersih, langkah selanjutnya adalah membersihkan filter mesin cuci Anda. Filter alias saringan adalah salah satu bagian terpenting di mesin cuci yang harus rutin dibersihkan.

Bahkan, filter ini harus selalu dibersihkan setiap kali Anda selesai mencuci pakaian. Pasalnya, filter mesin cuci yang tersumbat oleh serat-serat pakaian rentan memicu kebakaran.

Anda bisa membersihkan filter mesin cuci dengan cara mengeluarkan filter, kemudian membersihkannya dari serat-serat pakaian yang menumpuk. Setelah itu, sikat filter dengan air mengalir secara perlahan. Pastikan filter mesin cuci sudah kering sepenuhnya sebelum Anda pasang.

6. Jangan Lewatkan Laci Detergen

Seusai membersihkan filter mesin cuci, Anda dapat beralih ke laci detergen bila ada bagian ini di mesin cuci Anda. Laci detergen biasanya dapat Anda bersihkan dengan cara dilepas dari mesin cuci. Setelah dilepas, rendam laci detergen di dalam air hangat atau bersihkan dengan sikat. Keringkan laci hingga benar-benar kering sebelum Anda kembalikan ke mesin cuci.

7. Bersihkan Bagian Samping dan Bawah Tabung

Lakukan ini dengan larutan cuka untuk menghilangkan residu terakhir. Anda dapat memperpanjang kebersihan mesin cuci dengan membiarkan tutupnya terbuka di antara penggunaan. Ini memungkinkan bagian dalam mesin cuci mengering secara menyeluruh dan mencegah jamur.

8. Biarkan Pintu Mesin Cuci Terbuka

Apabila mesin cuci sedang tidak Anda gunakan, ada baiknya pintu mesin cuci biarkan sedikit terbuka. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi udara di dalam tabung mesin cuci.

Jika udara tidak dapat masuk dan keluar dengan baik, kuman dan jamur lebih mudah berkembang biak di dalam mesin cuci. Selain mencegah kuman, cara ini juga membantu menjaga kebersihan rumah dengan mengurangi bau tak sedap di area mesin cuci.

9. Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung (Twin Tub)

Cara membersihkan tabung mesin pencucian dua tabung memiliki cara yang sama dengan mesin cuci bukaan atas dan depan. Cara yang berbeda terdapat pada cara pembersihan tabung pengering mesin cuci. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bersihkan permukaan tabung dengan obat pembersih atau cuka putih.
  • Masukan beberapa lap atau handuk ke dalam tabung lalu jalankan program pengering selama 15 menit.
  • Setelah itu, bersihkan penyaring serat yang ada di dalam tabung. Bersihkan dengan air lalu diamkan sampai kering.
  • Pasang kembali penyaring serat.
  • Selesai.

Itu dia beberapa cara sederhana membersihkan mesin cuci Anda, tidak terlalu sulit bukan untuk membersihkan mesin cuci? Setelah membaca penjelasan di atas, yuk bersihkan mesin cuci agar terhindar dari jamur dan lembab.

Booking jasa service atau perbaikan Mesin Cuci atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan