Menghitung Biaya Bikin Rumah: Berikut Tipsnya

biaya-bikin-rumah

Dalam membangun suatu rumah, diperlukan penghitungan yang matang dari segi biaya. Terlebih, harga bahan baku, jasa, dan biaya yang lain kerap meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, sangat penting memastikan biaya bikin rumah supaya tidak boncos.

Tips Penghitungan Biaya Bikin Rumah

Terdapat beberapa komponen yang harus diperhitungkan secara matang saat akan membangun rumah. Mulai dari lahan dan bangunan, bahan baku, hingga biaya jasa. Berikut sejumlah tips menghitung biaya pembuatan rumah yang mudah dipraktikkan:

1. Penghitungan luas lahan dan bangunan

Langkah awal yang perlu diperhatikan yakni dengan menghitung luas bangunan dan lahan untuk pembangunan rumah tersebut. Coba cek terlebih dahulu harga tanah per meter persegi dengan harga pasaran dalam membangun tipe rumah tertentu.

Sebagai contoh, jika harga tanah yang dibutuhkan adalah 60 m2 dengan biaya Rp180 juta dan biaya pasaran pembangunan rumah tipe 36 di angka Rp 60 juta, maka jika dikalkulasikan biaya yang Anda perlukan adalah sekitar Rp 240 juta.

2. Bahan baku dari biaya bikin rumah

Pastikan juga Anda telah menghitung seluruh biaya dari bahan baku pembangunan rumah tersebut. Mulai dari pembangunan pondasi, dinding, struktur bangunan, atap, dan sebagainya. Pastikan juga menambahkan biaya lain untuk komponen rumah yang direncanakan.

Adapun bahan baku yang dimaksud termasuk batu bata atau batako, besi, keramik, pasir, cat tembok, dan sebagainya. Tidak jarang, Anda perlu melakukan survey ke beberapa toko bangunan untuk mendapatkan harga bahan baku yang bagus dan terjangkau.

Baca juga: Menghitung Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

3. Hitung jasa tukang dan biaya tak terduga

Biaya lain seperti jasa tukang juga wajib diperhatikan. Berapa banyak tukang yang Anda butuhkan, berapa lama pengerjaannya, serta apa saja tugas dan peranannya. Pertimbangkan juga biaya jika menggunakan jasa borongan atau tidak.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan biaya lain yang tidak terduga, paling tidak 10% dari total biaya pembangunan rumah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat darurat, bahkan ke depannya juga dapat digunakan dalam menghias rumah.

Itulah beberapa tips dalam menghitung dan memperkirakan biaya bikin rumah. Pastikan Anda memperhatikan estimasi biaya yang diperlukan sehingga tidak membuat boros pengeluaran. Semoga bermanfaat!

Mau order jasa kontraktor bangunan berkualitas? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda.

Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan