Kegiatan Administrasi Keuangan dan Fungsinya

admin keuangan

Mereka yang bekerja dalam bidang administrasi keuangan berarti tidak lepas dari pengelolaan keuangan dalam suatu instansi atau perusahaan. Cukup beragam kegiatan administrasi keuangan dan perannya sangat penting untuk menjaga kesehatan dan performa keuangan perusahaan.

Fungsi Kegiatan Administrasi Keuangan

Ada beberapa fungsi utama kehadiran administrasi keuangan, berikut beberapa di antaranya:

– Kegiatan administrasi keuangan untuk mengelola investasi

Salah satu fungsinya adalah investasi penyimpanan dana yang dimiliki perusahaan. Banyak jenis investasi yang harus dikelola oleh administrasi keuangan baik itu yang untuk jangka pendek atau yang lebih lama untuk bertahun-tahun ke depan.

– Menunjang kebutuhan pembelanjaan

Administrasi keuangan punya fungsi lainnya yaitu menunjang aktivitas pembelanjaan. Perusahaan sudah pasti harus berbelanja untuk memastikan kebutuhan operasional mereka agar sesuai planning. Administrasi keuangan punya peran untuk memastikan pembelanjaan dilakukan secara efisien dan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan perusahaan.

– Fungsi fundraising

Dengan administrasi keuangan, maka berbagai kebutuhan perusahaan bisa dialokasikan dengan baik. Adanya administrasi keuangan akan membantu pencarian pihak investor. Lalu pada akhirnya perusahaan bisa mendapatkan pemasukan dana yang berperan baik untuk operasional ke depannya.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Kantor Terbaik di Suwun

– Pembagian hasil yang tepat dan sesuai

Diperlukan juga administrasi keuangan supaya bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan dari bagi hasil yang tepat kepada sponsor atau investor. Kehadiran administrasi keuangan bisa memastikan laporan keuangan cukup memadai untuk menyediakan informasi yang lengkap seputar bagi hasil.

Perusahaan yang punya administrasi keuangan berkualitas, bisa menentukan dividen terbaik untuk dibagi ke pihak investor.

Beberapa Kegiatan Administrasi Keuangan

Berikut ini kegiatan atau tugas administrasi keuangan:

  • Membantu menyusun laporan keuangan
  • Proyeksi posisi dan kondisi keuangan perusahaan
  • Menyusun anggaran untuk kebutuhan bulanan
  • Mengontrol arus penghasilan & pengeluaran
  • Menyediakan informasi seputar keuangan, memberi kesimpulan
  • Perbaikan kembali kondisi akuntansi
  • Mengurus faktur penjualan produk
  • Memastikan kembali setiap aturan perusahaan seputar keuangan diterapkan dengan baik
  • Memantau kebijakan perusahaan seputar bidang keuangan lalu mengevaluasinya
  • Mengawasi pengarsipan keuangan

Kurang lebih seperti itu tugas-tugas atau kegiatan administrasi keuangan. Agar keseluruhan keuangan perusahaan bisa dipantau, dan dikelola dengan baik, staf dalam bidang administrasi keuangan punya peran yang sangat penting untuk itu.

Butuh bantuan untuk mengelola keuangan atau akuntansi bisnis? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan