Ukuran Pipa PVC Dalam MM yang Standar

Di Indonesia untuk membantu pengaliran air digunakan peralatan pendukung seperti pipa paralon yang terbuat dari bahan PVC. Pipa tersebut dibuat untuk mengalirkan air dengan tekanan, menjadi pelindung kabel listrik dan lain sebagainya yang dijual dengan harga bervariasi.

Ukuran pipa pvc dalam mm dijual dengan harga per meter tersebut terbuat dari bahan resin multifungsi PVC yang dijamin aman serta tahan lama untuk mengalirkan air bersih, sebagai pembuangan air kotor hingga untuk mengalirkan udara.

Ukuran Pipa PVC dalam MM yang Sesuai Standar

Ukuran dari pipa PVC biasanya dibuat sesuai dengan jenisnya, sehingga penting untuk mengetahui jenis dan fungsinya untuk bisa memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis pipa PVC terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Pipa kelas D adalah jenis pipa yang digunakan untuk menyalurkan air yang memiliki tekanan skala rendah hingga menengah. Pipa jenis ini mempunyai ketebalan dinding pipa dan ketahanan yang lebih kecil yang banyak dipakai untuk difungsikan menjadi saluran pembuangan air kotor.
  • Pipa kelas C merupakan jenis pipa yang mempunyai ketebalan dinding yang paling tipis. Kegunaannya bisa dipakai untuk menjadi saluran pembuangan air limbah dalam rumah tangga, namun banyak yang menggunakannya untuk menjadi pelindung kabel listrik.
  • Pipa kelas AW adalah jenis pipa yang memiliki ketebalan dinding yang paling tebal dan memiliki ketahanan untuk menahan air dengan tekanan yang tinggi. Pipa jenis ini banyak dipakai untuk menjadi saluran air ledeng, air bawah tanah dengan menggunakan pompa hingga untuk mengalirkan air bersih ke dalam setiap bagian rumah yang diperlukan.

Untuk standar ukuran pipa PVC yang ada di Indonesia memiliki tabel ukuran pipa pvc dalam mm sebagai berikut:

UkuranJenis
AWDC
17 mmC 5/8
22 mm½ “½ “
26 mm¾ “¾ “
32 mm1”1”
42 mm1 ¼ “1 ¼ “1 ¼ “
48 mm1 ½ “1 ½ “1 ½ “
60 mm2”2”2”
76 mm2 ½ “2 ½ “2 ½ “
89 mm3 “3 “3 “
114 mm4 “4 “4 “
140 mm5 “5 “5 “
165 mm6 “6 “
216 mm8 “8 “
267 mm10 “10 “

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC Dalam mm

Agar supaya Anda bisa memilih pipa PVC dengan tepat dan sesuai kebutuhan maka sebaiknya ketahui apa saja tips yang bisa digunakan untuk menentukan ukuran pipa PVC sesuai dengan penggunaannya.

Baca juga: Jenis dan Rincian Harga Paralon yang Harus Anda Tahu

Menentukan jenis pipa yang akan digunakan

Hal yang harus diketahui pertama kali sebelum membeli pipa PVC adalah akan digunakan untuk apa pipa tersebut? Jika akan digunakan untuk menyalurkan air bersih, maka disarankan untuk menggunakan pipa jenis AW yang tebal dan ditandai dengan adanya garis strip berwarna biru di sepanjang pipa.

Sedangkan untuk saluran pembuangan air kotor bisa menggunakan jenis pipa D atau C yang ditandai dengan garis strip berwarna merah di sepanjang pipa.

Menentukan ukuran pipa PVC

Kemudian selanjutnya sangat penting untuk menentukan perhitungan ukuran pipa pvc dalam mm yang akan digunakan. Setiap jenis pipa memiliki Panjang, ketebalan dinding pipa dan ukuran diameter pipa yang berbeda-beda. Sesuai standar yang ada, pipa PVC tersedia dalam panjang 4 meter, ketebalan dinding pipa mulai ukuran 1,3 mm hingga 4,1 mm dan memiliki diameter ½ inchi hingga 10 inchi.

Menentukan bentuk pipa yang akan digunakan

Secara umum, bentuk pipa PVC terdiri dari beberapa jenis fitting yang diperuntukkan untuk membuat saluran pengaliran yang sesuai dengan yang dibutuhkan yaitu bentuk reducer, elbow, tee, faucet elbow dan reducer.  

Sekian ulasan tentang ukuran pipa pvc dalam mm sesuai dengan jenis dan tujuan penggunaannya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda menemui kendala untuk pemasangan pipa PVC dan cara memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan proyek pembangunan maka bisa mengakses layanan situs website Suwun.co.id. Adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai layanan jasa profesional sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tersedia juga dalam bentuk aplikasi Suwun yang bisa di download melalui Play Store atau App Store di smartphone Anda sehingga bisa mendapatkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan layanan jasa yang Anda butuhkan dengan mudah serta cepat.

Artikel yang Direkomendasikan