Info Jasa Service Hardisk Yang Bagus

Hard disk memiliki peranan penting dari PC atau laptop sebagai media penyimpanan utama. Sehingga kerusakannya cukup mengganggu kinerja desktop Anda jika tidak diperbaiki segera di jasa service hardisk.

Kerusakan pada hardisk, bisa mengancam data Anda hilang atau tidak bisa kembali diakses. Tidak ingin bukan mengalami hal tersebut? Sehingga Anda harus mengetahui apa saja penyebab kerusakannya agar bisa dihindari.

Penyebab Kerusakan Hardisk yang Ditangani Jasa Service Hardisk

Lebih lanjut, apa saja penyebab kerusakan pada hardisk? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

·   Penggunaan Yang Berlebih

Pertama, penggunaan berlebih. Jika Anda terlalu berlebihan dalam menggunakan desktop, tentu hal ini bisa membuat komponen di dalamnya mengalami kerusakan, termasuk hardisk. Istirahatkan terlebih dahulu perangkat Anda, paling tidak hingga suhunya stabil atau dingin.

·   Overheat

Kedua, overheat. Hardisk memiliki sifat yang mudah panas, sebab panas ini bisa mempengaruhi performa dari hardisk itu sendiri. Semakin lama Anda mengakses perangkat dalam kondisi overheat, maka kerusakan hardisk akan lebih cepat. Sebaiknya Anda menggunakan kipas khusus hardisk untuk menghindari hal semacam ini.

·   Terjatuh Atau Terbentur

Ketiga, terjatuh atau terbentur. Hardisk adalah komponen dari hardware yang isinya adalah disk atau cakram. Benda ini sebenarnya sangat sensitif apabila terjatuh atau terbentur karena bisa menyebabkan kerusakan.

Sebaiknya Anda sangat berhati-hati ketika memindahkan perangkat Anda agar tidak terjatuh atau terbentur. Jika Anda memiliki laptop, gunakanlah tas khusus ketika bepergian agar tahan dari guncangan.

·   Instalasi Software Yang Berlebihan

Keempat, instalasi software terlalu berlebihan. Instalasi software yang terlalu berlebihan dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada hardisk. Sebab hardisk akan bekerja lebih keras ketika Anda menginstal berbagai jenis software. Bahkan cakram yang ada di dalamnya akan berputar lebih cepat apabila Anda mendengarkan suaranya secara seksama.

Menggunakan banyak software dalam satu waktu juga bisa berpengaruh membuat hardisk menjadi cepat panas. Sebaiknya matikan saja software yang sudah tidak Anda gunakan untuk mengurangi beban kerja pada hardisk.

Baca juga: Jasa Service Laptop Surabaya

Tipe Kerusakan yang Ditangani Jasa Service Hardisk

Yang pertama adalah dan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan fisik maupun software. Tegangan listrik tidak stabil dengan seringnya aliran listrik yang mati mendadak. Mematikan paksa komputer atau penggunaan komputer yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan hal ini terjadi.

Sementara jika kerusakannya dari software, biasanya karena adanya kesalahan ketika mengoperasikan desktop hingga terserang virus. Hal semacam ini bisa ditangani oleh jasa service hardisk eksternal atau internal dengan biaya servis hardisk eksternal yang terjangkau.

Kerusakan yang kedua yaitu hardisk cepat panas dan jika Anda mendapati hardisk yang cepat overheat meskipun sedang dalam kondisi penggunaan wajar. Langkah pertama adalah mendeteksi suhu dari hardisk menggunakan bantuan aplikasi.

Jika aplikasi tersebut menunjukkan jika suhu dari hardisk tidak wajar, wajib untuk melakukan berbagai langkah. Misalnya menambahkan kipas pada hardisk, membersihkan hardisk dengan mencabutnya, memeriksa sirkulasi udara serta mengatur agar layak dengan baut yang terpasang rapih.

Untuk tipe kerusakan berikutnya yang umum terjadi adalah hardisk tidak terbaca. Jika hardisk yang rusak mengakibatkan tidak terbaca BIOS atau Basic Input Output System, maka Anda bisa mengatur BIOS dan hardisk ke posisi on.

Kemudian jika hardisk tidak bisa copy atau read file serta mengeluarkan error reading, bisa jadi disebabkan cache hardisk yang error. Solusinya adalah dengan melakukan disk defragment sebagai langkah untuk memastikan bahwa harddisk sudah berjalan dengan baik.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan jasa service hardisk maka bika langsung mengunjungi Suwun.co.id. Sebab di situs tersebut menyediakan banyak pilihan jasa termasuk jasa service perangkat elektronik seperti hardisk ini. Jangan lupa download aplikasi Suwun secara gratis via Play Store dan App Store.

Recommended Articles