Yuk Simak 5 Cara Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketentuan

cara-renovasi-rumah-subsidi

Rumah subsidi merupakan rumah bantuan dari pemerintah Indonesia untuk mensejahterakan masyarakat sehingga bisa mendapatkan hunian yang layak. Namun ada beberapa aturan dan cara renovasi rumah subsidi yang harus ditaati sesuai dengan ketentuan. Apabila dilanggar, ada sanksi yang harus diterima seperti penerapan suku bunga.

Syarat dan Cara Renovasi Rumah Subsidi Dari Pemerintah

Rumah subsidi memiliki harga jual yang lebih terjangkau yang bisa diperoleh melalui skema Syariah maupun KPR konvensional. Target pasar dari program ini yaitu masyarakat dengan penghasilan rendah sehingga bisa mendapatkan hunian layak harga terjangkau.

Namun jika ingin melakukan renovasi, wajib mengetahui cara renovasi rumah subsidi angsuran untuk lebih amannya.

  1. Cara Renovasi Rumah Subsidi dengan Lapor Ke Pihak Bank

Aturan pertama yang harus Anda ikuti yaitu melapor ke pihak bank terlebih dahulu bahwa akan melakukan renovasi rumah. Anda perlu menjelaskan bagian apa saja pada rumah yang akan dilakukan renovasi, apakah itu termasuk renovasi besar atau ringan.

  1. Renovasi Besar Dilakukan Setelah Angsuran 5 Tahun Berjalan

Terdapat dua jenis renovasi yang diperkenankan bagi rumah subsidi yaitu renovasi rumah ringan dan renovasi secara besar. Apabila Anda ingin melakukan renovasi rumah subsidi minimalis secara besar-besaran, ada jangka waktu yang menjadi ketetapan, yaitu angsuran berjalan 5 tahun.

Adapun beberapa kondisi renovasi secara besar-besaran yaitu sebagai berikut.

  • Pembangunan rumah dua lantai

Sebelum masuk tahun ke-5 dalam kepemilikan rumah subsidi, debitur tidak boleh mengubah bagian depan rumah. Begitu juga untuk pembangunan rumah dua lantai. Karena sebagai debitur, Anda baru boleh merombak rumah bagian depan dan membangun dua lantai setelah tahun ke-5.

  • Tidak merubah fasad

Anda juga dilarang untuk mengubah fasad yang sudah ditetapkan oleh pihak developer sebelum melewati tahun ke-5 kepemilikan. Fasad merupakan bagian luar rumah termasuk kualitas material dan desain untuk membangun rumah subsidi tersebut.

Baca Juga: Rincian Biaya Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan

  1. Hanya Bisa Melakukan Renovasi Rumah Ringan

Jika Anda ingin rumah subsidi renovasi minimalis secara ringan, Anda dapat melakukannya sebelum 5 tahun kepemilikan. Namun Anda juga harus memastikan bahwa jenis renovasi tersebut merupakan renovasi minor atau ringan.

Beberapa kondisi renovasi rumah yang tergolong renovasi ringan yaitu sebagai berikut.

  • Tembok Rembes dan Atap Bocor

Apabila tembok rumah Anda retak dan menyebabkan air hujan rembes Anda dapat memperbaikinya meskipun belum 5 tahun masa kepemilikan. Anda juga bisa mengecat ulang dinding rumah yang diinginkan.

  • Membuat Pagar

Pagar merupakan salah satu keamanan rumah sehingga meskipun belum 5 tahun kepemilikan, Anda boleh membuat pagar rumah. Selain itu, segera jenis pagar juga diperbolehkan mulai dari pagar cor maupun bahan stainless.

  • Mengubah Posisi dan Ukuran Septictank

Selain berkaitan dengan desain rumah Anda juga boleh mengubah posisi dan ukuran septic tank apabila dirasa terlalu kecil. Hal ini bertujuan supaya kenyamanan tetangga pun tidak terganggu dan ketentuan ini sudah disetujui oleh developer.

  • Menambah Kanopi Rumah

Apakah Anda ingin memiliki kanopi di halaman atau belakang rumah? Anda dapat melakukan renovasi rumah subsidi ini supaya rumah terhindar dari air hujan yang deras dan teriknya matahari. Anda juga bisa memilih berbagai jenis kanopi mulai dari jenis kaca, kayu, alderon, dan spandek.

  1. Boleh Memanfaatkan Lahan yang Tersisa

Jika di sekitar rumah subsidi terdapat lahan sisa Anda boleh memanfaatkannya untuk hal lainnya. Misalnya untuk membuat kamar tidur, dapur tambahan, gudang, atau taman di area rumah.

  1. Tidak Boleh Memperluas Lahan

Luas lahan untuk rumah subsidi sudah diatur oleh pemerintah, yaitu minimal 60 meter persegi dan maksimal 200 meter persegi. Sementara luas bangunan yang boleh dibangun minimal 21 m persegi dan maksimal 36 m².

Itulah beberapa aturan dan cara renovasi rumah subsidi. Jika ketentuan ini dilanggar, maka rumah subsidi Anda bisa dicabut oleh pemerintah.

Anda bingung mencari jasa renovasi rumah subsidi minimalis? Silakan kunjungi Suwun.co.id lalu masukkan layanan atau jasa yang dibutuhkan. Maka akan muncul beberapa rekomendasi jasa yang dicari.

Download Aplikasi Suwun untuk kelengkapan fitur lainnya. Agar lebih mudah menghubungi jasa renovasi yang Anda inginkan, Anda bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan