Cara Service Genset Rumah Tutorial Lengkap

Genset yang digunakan di rumah umumnya dibutuhkan untuk membuat semua perangkat elektrik yang ada di rumah tetap berfungsi meski sedang mati listrik. Namun banyak yang tak siap mengatasi jika genset mereka mengalami kerusakan padahal sedang sangat dibutuhkan penggunaannya. Berikut beberapa cara servis genset rumah yang bisa dilakukan sendiri.

Tutorial Cara Servis Genset Rumah Dengan Mudah dan Cepat

Tutorial yang akan dibagikan berikut ini merupakan cara service mesin genset rumah secara mandiri di rumah. Penting untuk diperhatikan, cara service tersebut tetap membutuhkan pengawasan dari ahlinya agar perbaikan bisa dilakukan dengan aman.

Berikut beberapa cara dasar untuk service mesin genset rumah yaitu :

a. Ganti oli mesin genset

Oli mesin genset harus dilakukan penggantian secara berkala sehingga bisa dipastikan kualitas dan levelnya masih mencukupi. Oli yang diganti secara rutin bisa mencegah mesin genset alami kerusakan dan keausan pada komponen mesin.

b. Ganti filter

Mesin memiliki beberapa komponen filter yang harus diperiksa dan diganti secara berkala meliputi filter bahan bakar, udara dan oli. Tujuannya agar menghindarkan genset dari kerusakan akibat filter yang kotor atau tersumbat.

c. Pengecekan sistem pendingin

Selanjutnya adalah untuk mengecek apakah mesin pendingin genset tak mengalami kebocoran dan mempunyai level pendinginan yang cukup. Bersihkan juga bagian radiator dari kotoran dan debu sehingga efisiensi pendinginan terjaga dengan baik.

Baca Juga: Jasa Teknisi Kulkas JABODETABEK Panggilan

d. Cek sistem bahan bakar

Bersihkan tangki bahan bakar secara berkala dan cek sistem bahan bakar beserta semua selangnya untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak.

e. Ganti suku cadang

Anda juga bisa melakukan penggantian suku cadang jika memang ada komponen yang alami kerusakan atau keausan. Setelah mengecek bagian mesin genset dan melakukan pembersihan serta pengecekan secara menyeluruh, pastikan untuk melakukan pengujian mesin.

Cara Service Genset Rumah dan Jadwal Rutin

Bahwa penting untuk diketahui, sebaiknya mesin genset baik yang digunakan di rumah ataupun di kantor harus memiliki jadwal service secara rutin. Jadwal service bisa dibuat secara bervariasi dan disesuaikan dengan type genset serta kapasitas penggunaan genset. Jika Anda kesulitan untuk melakukan cara service genset rumah secara mandiri, bisa langsung menghubungi jasa service genset terdekat untuk perbaikan dengan cepat dan tepat sesuai kebutuhan.

Mau order jasa service genset rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan