Renovasi Atap Rumah Ganti Baja Ringan yang Kuat dan Tahan Api

renovasi-atap-rumah

Renovasi atap rumah biasanya dilakukan untuk memperbaiki kerusakan atap atau untuk mengganti tampilan (estetika) hunian. Anda mungkin bisa mempertimbangkan renovasi atap rumah ganti baja ringan yang lebih aman dan nyaman.

Selain lebih tahan api, material baja ringan juga lebih hemat untuk jangka panjang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Atap Rumah Ganti Baja Ringan

Apakah Anda tertarik? Simak dulu beberapa hal penting berikut sebelum menggunakan baja ringan.

1. Buat perencanaan anggaran

Perencanaan anggaran diperlukan untuk memastikan Anda memiliki anggaran yang cukup hingga renovasi atap selesai seluruhnya. Rencanakan anggaran untuk pembelian material baja ringan berkualitas sesuai kebutuhan.

Harga baja ringan tergolong murah dengan masa pakai yang lama 25 hingga 50 tahun. Anda bisa cari harga baja ringan terbaru agar tidak salah membeli. Harga baja ringan ini tentu menjadi unsur utama yang menentukan biaya renovasi atap rumah ganti baja ringan yang Anda perlukan.

Selain itu, hitung juga anggaran yang diperlukan untuk biaya pembongkaran atap yang lama dan biaya pemasangan baja ringan. Biaya ini biasanya tergantung tukang atau penyedia jasanya dan berapa lama durasi pengerjaan untuk renovasi atap rumah.

2. Lakukan renovasi atap rumah ganti baja ringan saat musim kemarau

Ketika akan merenovasi rumah termasuk bagian atap, sangat penting untuk Anda memperhatikan faktor cuaca. Meskipun proses pemasangan atap baja ringan cenderung singkat, tetapi Anda harus berhati-hati dengan air hujan, angin kencang, atau cuaca buruk lainnya.

Proses renovasi atap rumah seperti ini tentu akan membuat bagian dalam rumah terbuka. Jika turun hujan, air hujan berisiko merusak bagian plafon atau bahkan cat rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya proses renovasi atap rumah dilakukan saat musim kemarau.

Melakukan renovasi atap rumah di musim hujan sangat berisiko. Selain merusak bagian dalam rumah, juga berisiko membuat biaya renovasi membengkak. Biaya yang seharusnya hanya untuk ganti baja ringan akan membengkak karena harus memperbaiki bagian lain yang ikut rusak saat proses renovasi.

3. Persiapkan prioritas dan hal-hal yang tak terduga

Bagi Anda yang memiliki anggaran dan waktu terbatas, tentukan prioritas Anda dalam merenovasi atap rumah. Apakah Anda akan merenovasi seluruh bagian atap mulai dari rangkanya atau hanya mengganti material atap saja? Menggunakan material lama ke rangka baja ringan baru dan lain sebagainya.

Perhatikan renovasi atap rumah ganti baja ringan apakah aman jika hanya rangka yang diganti. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan agar atap rumah Anda aman dan kuat. Apalagi untuk kondisi atap rumah yang sudah cukup tua, Anda mungkin perlu mengganti seluruhnya.

Perhitungkan juga hal-hal tak terduga di luar rencana renovasi atap, misalnya saja risiko cat rumah yang kotor, plafon rumah yang ikut rusak, material atap lama banyak yang rusak sehingga tidak bisa dipasang lagi dan lain sebagainya.

Baca juga: Biaya Renovasi Atap Rumah yang Harus Disiapkan

Kesimpulan

Jika Anda memutuskan untuk renovasi atap rumah ganti baja ringan, pastikan Anda sudah memperhitungkan hal-hal penting di atas. Siapkan anggaran, material baja ringan, dan jangan lupa tukangnya.

Anda membutuhkan tukang untuk renovasi atap rumah? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan pilih layanan jasa terbaik yang Anda butuhkan. Di Suwun ada banyak sekali pilihan jasa yang bisa Anda temukan.

Layanan Suwun juga tersedia dalam aplikasi yang bisa Anda download dengan mudah dan gratis. Download Aplikasi Suwun di Play Store atau App Store dan nikmati beragam fiturnya. Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan