Apa Itu Rangka Atap? Ini Definisi dan Fungsinya!

rangka-mezzanine

Konstruksi rangka atap adalah sebuah bentuk konstruksi yang memiliki kegunaan untuk menyangga konstruksi atap yang terletak pada bagian kuda-kuda. 

Untuk membuat rangka atap yang bagus dan berkualitas maka dibutuhkan penggunaan bahan material yang berkualitas pula. Pembuatan kerangka atap seringkali terabaikan karena struktur atap tersebut akan tersembunyi dari pandangan mata sebab tertutup oleh bahan material seperti seng atau genteng.

Rangka Atap Adalah: Fungsi dan Jenis Penggunaannya

Melihat perannya dalam sebuah konstruksi bangunan rumah, maka pastinya sudah diketahui betapa pentingnya peran atap dalam sebuah bangunan rumah. Rangka atap adalah memiliki fungsi tersendiri seperti berikut ini :

1. Kuda-kuda

Bahwa rangka atap berfungsi sebagai kuda-kuda yang bertugas untuk menopang dan mendistribusikan beban yang dihasilkan oleh atap pada seluruh struktur bangunan yang ada di bawahnya. Adapun jenis kuda-kuda yang banyak dipakai dalam konstruksi atap diantaranya adalah kuda-kuda baja ringan, kayu, baja konvensional dan beton.

2. Reng

Struktur rangka atap yang memiliki fungsi untuk menjadi penopang sekaligus penguat yang bisa menahan beban atap dengan lebih efisien. Reng terbuat dari bahan yang ringan namun bersifat kuat. Tanpa keberadaan reng yang solid, maka kestabilan dan integritas rangka atap bisa terancam.

3. Bubungan atau Nok

Rangka atap berbentuk nok atau bubungan berfungsi sebagai penghubung yang mengikat kuda-kuda yang satu dengan yang lainnya.

4. Gording

Salah satu elemen terpenting dari rangka atap adalah yang berfungsi sebagai area tumpuan utama untuk beberapa komponen kunci. Komponen kunci tersebut terdiri dari usuk atau kaso, penutup atap dan reng.

Baca Juga: Cara Memilih Tukang Bangunan Harian

5. Usuk atau Kaso

Bagian penting dari rangka atap yang berfungsi untuk menopang semua komponen rangka atap yang ada di atasnya.

6. Jurai Dalam dan Jurai Luar

Elemen rangka atap yang berfungsi untuk menghubungkan bidang atap yang satu dengan yang lainnya.

7. Penutup atap

Bagian dari rangka atap adalah yang berfungsi sebagai elemen paling luar dalam struktur atap untuk melindungi bangunan dari berbagai tekanan dan gangguan eksternal.

Ada beberapa jenis rangka atap yang banyak digunakan pada bangunan masa kini diantaranya adalah :

  • Rangka atap kayu yang banyak dipakai pada jenis bangunan lama
  • Rangka atap baja ringan yang kini banyak digunakan bangunan modern karena mudah dicari dan harganya lebih terjangkau
  • Rangka atap baja konvensional yang digunakan untuk membangun bangunan berukuran besar seperti gudang, pabrik dan lainnya
  • Rangka atap bambu yang digunakan pada rumah zaman dahulu yang masih menggunakan konsep tradisional

Sekian penjelasan singkat tentang rangka atap adalah elemen penting dari sebuah bangunan rumah yang penting untuk diperhatikan pembuatan dan pemilihan bahan materialnya. 

Rangka Atap adalah Bagian Penting, Serahkan Pada Professional untuk Pembuatannya

Jika Anda membutuhkan pemasangan rangka atap yang berkualitas, gunakan layanan jasa pemasangan rangka atap terpercaya terdekat dari tempat tinggal Anda.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Recommended Articles