Prosedur Instalasi Listrik Rumah yang Benar

instalasi-listrik-rumah

Jika Anda pada saat ini sedang merenovasi hunian, maka sebuah proses instalasi listrik rumah sangat perlu diperhatikan. Dengan adanya instalasi listrik yang benar, maka rumah Anda akan selalu nyaman ketika sudah mulai dihuni. Instalasi listrik tidaklah hanya sekedar rapi saja, yang paling utama adalah instalasi dengan benar.

Dengan proses instalasi listrik rumah yang benar dan memenuhi standar tentu akan lebih menjamin dari segi keamanan dan akan terhindar dari bahaya listrik. Bahaya yang biasa hadir dalam kesalahan instalasi listrik adalah korsleting, bocornya arus listrik sehingga terjadinya kebakaran. Maka dari itu sangat dibutuhkan prosedur instalasi listrik yang benar.

Lalu seperti apakah cara yang tepat dan terjamin keamanannya supaya tidak berbahaya? pada kesempatan kali ini akan kami bagikan kepada Anda mengenai cara instalasi listrik sesuai dengan prosedur. Namun, sebelum melakukan instalasi Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Instalasi Listrik Rumah

1. Hitung Ukuran Ruangan dan Luas Bangunan

Ukuran merupakan suatu hal yang penting sebelum melakukan pemasangan listrik. Dengan mengetahui gambaran luas dan ukuran pada setiap bangunan yang akan dilewati jalur listrik, maka jumlah material yang dibutuhkan dalam pemasangan listrik tentu mudah diketahui.

2. Mengetahui Denah Ruangan

Selain mengetahui ukuran dan luas ruangan, Anda juga harus mengetahui pula denah atau gambar instalasi listrik rumah tinggal. Pentingnya mengetahui denah ruangan adalah agar tahu jumlah material kecil seperti saklar, lampu kabel dan juga fiiting yang dibutuhkan.

3. Menghitung Daya Listrik Yang Dibutuhkan

Sebelum pemasangan listrik pada rumah, hal lain yang harus diperhitungkan adalah daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan semua perangkat di rumah Anda. Walaupun daya listrik bisa ditambah, tidak ada salahnya untuk memperhitungkan terlebih dahulu jumlah daya yang dibutuhkan.

Baca juga: 8 Tips Memasang Instalasi Listrik Rumah dengan Jasa Kelistrikan Terbaik

Prosedur Instalasi Listrik untuk Rumah Tangga

Pemasangan listrik yang benar tidak harus menggunakan jasa dari petugas PLN saja, namun Anda sendiri sebagai pemilik rumah juga bisa melakukannya asalkan mengetahui dan melaksanakannya dengan cara yang benar berikut ini :

1. Prosedur Instalasi Listrik Rumah dengan Membuka Dinding

Membuka dinding merupakan proses awal pada pemasangan kabel instalasi listrik rumah. Dengan membuka dinding berfungsi untuk menanam pipa kabel dan perangkat lainnya seperti fitting, stop kontak, saklar akan masuk dan terlihat rapi karena sudah tertutup dinding rumah Anda.

2. Pemasangan BOX MCB Atau Biasa Disebut Dengan ELCB

Pemasangan BOC MCB yang benar pada dasarnya selalu diletakkan pada tempat atau lokasi yang dekat dengan sumber listrik utama, tujuannya adalah agar pemasangan kabel besar dan juga pemasangan kabel tanah dapat dilakukan dengan mudah.

3. Menghubungkan Kabel Antar Ruangan Sesuai Dengan Denah

Setelah proses pembukaan dinding dan juga pemasangan BOX MCB adalah menghubungkan setiap kabel yang menuju arus listrik utama yang dikendalikan langsung oleh BOX MCB. Mengapa harus box MCB, karena dengan dihubungkan dengan BOX MC adalah listrik dapat diatur menjadi satu komando pengeluaran.

4. Finishing

Setelah melakukan semua pekerjaan di atas adalah proses merapikan kembali bagian rumah yang mungkin ada sedikit atau banyak kesalahan yang Anda lakukan, sehingga dibutuhkan pembaharuan atau pengembalian pada semua bagian rumah yang telah rusak.

Nah itulah beberapa langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin melakukan instalasi listrik rumah secara mandiri.

Apabila Anda membutuhkan jasa kelistrikan, Anda bisa mengunjungi situs yang menyediakan banyak layanan seperti Suwun.co.id. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store dan App Store secara gratis. Anda pun bisa langsung menghubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan