Jasa Perbaikan Kulkas Kostan, Biaya dan Jenis Kerusakannya

Siapa sih yang tidak kesal kalau kulkas kostan rusak? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan layanan perbaikan kulkas kostan.

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang dibutuhkan untuk menyimpan makanan, minuman, hingga skincare. Terlebih anak kost tentu saja banyak memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Saat ini, kulkas bukan lagi menjadi barang mewah, tetapi merupakan kebutuhan wajib yang ada di rumah tangga.

Kebiasaan anak kost yang selalu menyimpan stock makanan menjadikan kulkas menjadi barang penting yang disediakan oleh pemilik kost.

Berapakah Biaya Untuk Perbaikan Kulkas Kostan?

Jika Anda bertanya mengenai berapa biaya perbaikan kulkas kostan sebenarnya sangat bervariasi. Kembali lagi, bergantung pada jenis kerusakan yang dialami pada kulkas.

Estimasi biaya tersebut, misalnya kerusakan pada filter, isi freon, pentil, flushing untuk kulkas satu pintu sekitar Rp. 250.000, sementara untuk kulkas dua pintu mencapai Rp. 350.000.

Kemudian jika Anda hanya melakukan service saja untuk penggantian spare part tertentu dengan biaya terpisah, biaya jasanya hanya Rp. 100.000.

Secara umum, biaya tersebut mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah. Semakin banyak spare part yang diganti tentu saja berpengaruh pada biaya yang semakin besar pula.

Jenis Kerusakan Ditangani Jasa Service/Perbaikan Kulkas Kostan

Kulkas memiliki fungsi sebagai alat yang digunakan untuk membantu agar makanan lebih awet dengan cara mendinginkannya. Sistem kerja dari kulkas sendiri diawali dari kompresor yang memiliki peran sebagai jantungnya kulkas serta sebagai sistem penggerak.

Ketika dialiri arus listrik, terdapat motor di kompresor yang kemudian berputar, serta memberi tekanan di pendingin yang berwujud layaknya gas.

Jika diberikan tekanan dapat membuat gas menjadi memiliki suhu tinggi, sehingga terdapat refrigeran yang mengalir ke kondensor.

Di titik kondensasi gas, bisa saja mengembun kemudian kembali ke dalam wujud cair. Kemudian refrigeran cair dengan tekanan tinggi terdorong ke pipa kapiler. Berikut ini jenis kerusakan yang dilayani oleh tempat perbaikan kulkas kostan.

  1. Kulkas Tidak Dingin

Kerusakan ini termasuk yang paling sering ditemukan, hal ini terjadi karena suhu kulkas sudah tidak dingin karena kebocoran refrigeran dan kerusakan kompresor.

Arus listrik yang semestinya masuk ke dalam kompresor bisa mengakibatkan overload, hal ini berimbas pada kulkas yang tidak dingin lagi.

Nah, jika kerusakan yang terjadi disebabkan oleh kompresor, cara paling pas untuk memperbaikinya yaitu datang ke jasa perbaikan kulkas kostan.

Baca juga: 8 Tips Mudah Menata Isi Kulkas agar Lebih Rapi

  1. Kulkas Mati

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mendapati kulkas mati adalah dengan memeriksa apakah ada aliran listrik yang masuk ke kulkas. Kemudian periksa pula apakah kabel dari kulkas sudah tersambung dengan benar pada sumber tegangan.

Jika Anda sudah melakukan pengecekan dengan benar, tetapi kondisi kulkas tetap mati. Artinya terdapat kerusakan yang harus ditangani oleh jasa service kulkas.

  1. Dingin dari Freezer Tidak Merata

Kulkas dikatakan normal jika kompresor mampu menghasilkan suhu yang dingin secara merata ke dalam freezer. Nah, tetapi jika Anda mendapati dingin dari freezer tidak merata, artinya ada penyumbatan pada sistem refrigeran.

Anda kesulitan menemukan jasa untuk perbaikan kulkas kostan? Tenang saja karena tinggal masuk ke situs Suwun.co.id lalu pilih jenis jasa yang dibutuhkan. Selain itu ada cara yang lebih praktis yaitu dengan download aplikasi Suwun. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store dan juga App Store.

Artikel yang Direkomendasikan