Mengatasi Masalah Wastafel dengan Pembersih Wastafel Mampet

jasa-wastafel

Masalah wastafel mampet tentu kerap terjadi di setiap rumah. Penyebabnya tak lain adalah adanya endapan kotoran yang menumpuk pada pipa pembuangan. Akan tetapi, kini tak perlu merasa bingung lagi, hanya dengan mengikuti cara mengatasi masalah wastafel dengan pembersih wastafel mampet.

Endapan sabun, pasta gigi, sisa makanan, sampai rambut pada wastafel dapat menjadi penyebab utama mampetnya saluran air. Tak hanya itu, nantinya endapan ini juga membentuk gumpalan yang perlahan-lahan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara Mengatasi Masalah Saluran Air dengan Pembersih Wastafel Mampet

Anda tak perlu khawatir sebab Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Hanya dengan menyiapkan beberapa peralatan yang praktis dan memakai bahan alami yang tentunya tersedia di rumah. Penasaran? Ikuti pembahasan berikut ini.

1. Menggunakan plunger

Anda tentu tak asing lagi dengan alat penyedot satu ini. Benar, penyedot toilet atau plunger. Alat ini bisa mengatasi masalah wastafel mampet dengan ampuh selain menggunakan cairan pembersih wastafel mampet.

Cara menggunakannya, isi wastafel dengan air sampai setengah penuh, lalu gunakan alat ini di lubang wastafel untuk menyedot kotoran. Perlahan-lahan air meluap dan kotoran pun terbawa.

Ulangi cara ini sampai beberapa kali agar wastafel tak mampet lagi. Walau memerlukan tenaga, namun dijamin cara ini akan ampuh dalam mengatasi masalah wastafel mampet.

2. Menggunakan sabun cuci piring dan air panas

Sumbatan ini umumnya juga disebabkan oleh minyak atau lemak yang menumpuk pada saluran pembuangan.

Cara mengatasinya cukup mudah, hanya dengan menuangkan campuran sabun pencuci piring dan air panas pada saluran pembuangan air, kemudian diamkan selama beberapa menit.

Untuk mencegah terulangnya masalah ini, Anda dapat melakukan cara ini secara rutin minimal seminggu sekali sebagai alat pembersih wastafel mampet.

Baca Juga: Penggunaan Air Lancar dengan Service Sanyo Terdekat

3. Menggunakan cairan cuka

Bila wastafel di rumah mampet, Anda dapat mencoba meneteskan cairan cuka pada lubang aliran air wastafel. Diamkan cairan selama 20 sampai 30 menit. Lalu siram saluran pipa wastafel menggunakan air panas dan segera gunakan plunger untuk menyedot kotoran yang menyumbat.

Cara yang lainnya adalah mencampurkan sedikit garam pada cairan cuka tersebut. Dua bahan ini bisa menjadi perpaduan sempurna untuk menghilangkan sumbatan di saluran wastafel.

4. Menggunakan campuran garam dan soda kue

Garam dan soda kue ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran wastafel. Caranya pun tak sulit, hanya mencampurkan keduanya pada satu gelas air. Lalu tuang cairan pada wastafel yang tersumbat. Tunggu kurang lebih 4-5 jam dan bilas dengan air panas.

Mencoba Obat Pembersih Wastafel Mampet

Selain cara menggunakan bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan produk pembersih dari bahan kimia yang ramah untuk saluran pipa pada rumah Anda.

Hanya menuangkan cairan pada saluran yang tersumbat, diamkan selama beberapa saat, lalu segera siram menggunakan air panas.

Bahan kimia obat pembersih wastafel mampet ini nantinya bekerja menghancurkan timbunan lemak dan kotoran yang tersangkut pada dinding pipa. Tentu cara ini pun juga bisa menghilangkan kuman yang menyebabkan bau tak sedap dari dalam wastafel.

Bila setelah penuangan pertama wastafel masih tetap tersumbat, Anda bisa mengulangi pemakaian sesuai aturan pada kemasan. Tentunya hal ini untuk menghindari beragam dampak buruk dari zat tersebut.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi masalah wastafel dengan pembersih wastafel mampet. Untuk membersihkan wastafel mampet, Anda juga bisa mencari ahlinya di marketplace jasa se-Indonesia, Suwun. Install aplikasi Suwun untuk mencari solusi wastafel yang mampet dengan harga terjangkau!

Artikel yang Direkomendasikan