Mezzanine Baja Ringan: Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Tahukah Anda apa itu mezzanine? Mezzanine merupakan ruang tambahan yang ada pada rumah minimalis yang biasanya diletakkan setengah lantai lebih tinggi dibanding lantai dasar sesungguhnya. Mezzanine itu sendiri bisa terbuat dari apa pun, salah satu mezzanine yang akan dibahas pada artikel ini adalah mezzanine baja ringan.

Jenis mezzanine yang satu ini banyak difungsikan sebagai kamar, ruang kerja dan lain sebagainya. Jadi dengan adanya mezzanine ini memungkinkan untuk Anda memiliki ruangan yang lebih.

Kelebihan dan Kekurangan Mezzanine Baja Ringan

· Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

Saat ini baja ringan menjadi material yang cukup populer dan sudah banyak dimanfaatkan pada berbagai konstruksi. Hal tersebut karena bahan material yang satu ini mempunyai kekuatan yang sangat baik serta cukup awet dan juga tahan lama. Oleh karena keunggulan yang dimiliki inilah yang membuat banyak orang tertarik memilih baja ringan termasuk pada konstruksi mezzanine baja ringan ini.

Kelebihan yang dimiliki mezzanine jenis ini yaitu diantaranya instalasinya mudah. Proses pemasangan baja ringan terkenal dengan kecepatannya selain itu pemasangannya juga sangat mudah. Oleh karena itu bahan material ini banyak diburu dibanding material lainnya.

Selain itu bobot yang dimiliki material ini juga sangat ringan sehingga tidak membebani konstruksi rumah karena letaknya di bagian atas rumah. Kelebihan lainnya yang dimiliki mezzanine ini yaitu memiliki kekuatan yang tinggi serta tahan lama. Jadi meskipun terkenal sebagai material yang ringan namun sangat kuat dan juga tahan lama.

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki mezzanine ini yaitu harganya sangat terjangkau. Harga mezzanine baja ringan sangat ekonomis dibandingkan dengan jenis material kayu.

Baca juga: 10 Desain Rumah Mezzanine Yang Membuat Rumah Terasa Luas

· Kekurangan Mezzanine baja ringan

Meskipun memiliki kelebihan, tentu saja mezzanine jenis ini juga terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Jenis mezzanine ini memiliki kekurangan yaitu mudah berkarat. Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis material logam akan mudah berkarat dibanding dengan bahan kayu atau aluminium.

Jadi inilah salah satu kekurangan yang dimiliki, jadi Anda harus hati-hati jika memilih jenis material ini agar terhindar dari serangan air. Kekurangan selanjutnya meskipun terkenal ekonomis, namun bagi Anda yang memiliki budget terbatas jangan dipaksakan memilih bahan yang satu ini karena justru akan terhitung lebih mahal.

Biasanya bagi tukang yang kurang profesional akan menyusunnya dengan tampilan yang kurang rapi. Oleh karena itu Anda bisa menghindari hal ini, jadi meskipun sudah ditata sedemikian rupa, biasanya lantai mezzanine baja ringan akan terlihat berantakan jika pemotongannya tidak dilakukan dengan baik.

Kekurangan selanjutnya yang penting untuk diperhitungkan juga adalah bahan material ini belum terbukti ramah lingkungan. Jadi hal ini perlu Anda pastikan terlebih dahulu karena seperti yang diketahui usahakan untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan agar bumi ini tetap terjaga.

Demikian kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mezzanine dengan material baja ringan. Kini Anda bisa memutuskan jenis bahan material apa yang akan cocok untuk mezzanine yang akan dibangun setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Jika Anda ingin berkonsultasi ataupun menggunakan jasa konstruksi atau pembangunan rumah untuk membangun mezzanine baja ringan, Anda bisa membuka website Suwun.co.id untuk mencari jasa layanan konstruksi rumah mana yang cocok.

Jasa layanan dari kota mana pun tersebar dan bisa Anda cari yang terdekat dari tempat tinggalmu, jadi tunggu apalagi segera download aplikasi Suwun hanya di Google Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan