6 Tips Memilih Lampu untuk Plafon Tinggi

Plafon tinggi atau high ceiling merupakan interior rumah modern yang mudah ditemui saat ini. Lampu untuk plafon tinggi juga menjadi pertimbangan penting untuk menciptakan interior rumah yang lebih menarik. Namun sebelum membelinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Meskipun plafon tinggi memberikan banyak keuntungan, tapi Anda juga harus memperhatikan pemilihan lampu gantung yang tepat. Sebab banyak sekali lampu gantung dengan berbagai ukuran dan Anda harus sesuaikan dengan tinggi plafon rumah.

Tips Memilih Lampu untuk Plafon Tinggi

Sebelum membeli lampu yang tepat untuk rumah Anda, berikut ini ada beberapa tips yang penting untuk diperhatikan saat membeli lampu untuk plafon rumah:

  1. Ukur Tinggi Plafon

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengukur tinggi plafon. Jika Anda ingin membeli lampu gantung untuk plafon tinggi maka sebaiknya ukurannya tidak lebih dari sepertiga tinggi ruangan. Anda bisa memilih lampu gantung dan memasangnya kurang lebih 30 cm dari kepala Anda.

  1. Perhatikan Ukuran Lampu untuk Plafon Tinggi

Selain menghitung ketinggian plafon, Anda juga harus memperhatikan ukuran lampu yang akan dibeli. Jika Anda memilih lampu dengan ukuran terlalu besar, maka bisa membuat kesan berlebihan terutama pencahayaan di rumah Anda.

Pilihlah jenis lampu gantung minimalis dan carilah yang memiliki penerangan cukup untuk rumah minimalis. Jangan pilih lampu yang terlalu terang, karena memberikan kesan berlebihan dan membuat Anda lebih boros listrik.

  1. Perhatikan Material Lampu

Kenapa material lampu juga penting diperhatikan? Sebab material lampu yang tepat akan lebih awet dan tahan lama. Pilihlah lampu gantung yang bisa sekaligus dijadikan lampu hias, sehingga mendukung konsep ruangan yang Anda inginkan.

Contoh lampu gantung untuk plafon tinggi seperti lampu kristal bisa memberikan kesan ruangan yang mewah. Anda juga bisa memilih lampu gantung minimalis jika memiliki konsep ruangan ala industrial.

Baca juga: 5 Model Plafon Rumah Modern dan Mewah

  1. Pilih Warna Lampu

Setelah mempertimbangkan ukuran dan materialnya, selanjutnya Anda perlu memilih warna lampu yang tepat. Jika ingin membuat rumah terkesan hangat, Anda bisa memilih warna daylight glow atau warna orange.

Jika ingin membuat suasana rumah yang lebih terang, Anda bisa memilih warna warm white, soft white atau warna Kristal yang terang namun tidak menyilaukan.

  1. Posisikan Lampu Gantung

Jika sudah menentukan warna yang tepat, Anda bisa langsung memilih posisi terbaik lampu gantung di rumah Anda. Untuk mempercantik interior ruangan, Anda bisa meletakkan lampu gantung utama di ruang tamu atau ruang keluarga.

Lampu untuk plafon tinggi juga cocok diletakkan di dapur atau meja makan untuk memberikan kesan ruangan yang lebih hangat. Anda bisa menyesuaikan letak lampu sesuai kebutuhan pencahayaan rumah.

Sesuaikan juga warna lampu yang sudah Anda pilih. Misalnya, Anda bisa meletakkan lampu gantung berwarna orange untuk ruang keluarga untuk memberikan kesan rumah yang hangat.

  1. Sesuaikan dengan Konsep Ruangan

Untuk mendukung interior rumah, Anda bisa memilih jenis lampu gantung dengan konsep ruangan yang Anda miliki. Misalnya, ruangan bergaya minimalis maka cocok dengan lampu gantung sederhana.

Itulah beberapa tips memilih lampu untuk plafon tinggi yang bisa Anda tiru. Jika hal ini terasa merepotkan, Anda bisa langsung mengunjungi ahlinya di Suwun.co.id yang menyediakan banyak pilihan layanan atau jasa untuk renovasi.

Bahkan Anda bisa mengakses aplikasi Suwun melalui smartphone untuk menikmati layanan terbaik dan membuat renovasi rumah lebih cepat.

Recommended Articles