Cara Mudah Membersihkan Jamur Dinding

jamur-dinding

Tembok rumah yang berjamur biasanya disebabkan karena kelembaban dan sirkulasi udara yang tidak baik pada suatu ruangan. Munculnya jamur dinding tidak hanya membuat tampilan ruangan menjadi buruk tetapi juga berbahaya untuk kesehatan.

Menghilangkan jamur tidak bisa hanya menggunakan air saja, tetapi butuh pembersih khusus yang kuat mengangkat jamur di permukaan dinding seperti berikut.

Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Jamur Dinding hingga Bersih

1. Menghilangkan jamur di tembok dengan cuka putih

Anda bisa memanfaatkan cuka putih yang biasa digunakan untuk urusan dapur. Cuka memiliki sifat asam yang kuat untuk mengangkat berbagai kotoran termasuk jamur yang menempel pada permukaan dinding.

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menyiram cuka secukupnya ke bagian tembok yang berjamur. Siram beberapa tetes air cuka tanpa perlu dicampur air atau lainnya. Kemudian sikat tembok dengan perlahan untuk mengangkat jamur dan kotoran yang ada di dinding.

Setelah jamur dibersihkan, bilas permukaan tembok dengan air hingga bersih agar lapisan dinding tidak mengelupas karena cuka. Senyawa asam ini cukup tajam sehingga sebaiknya segera bersihkan permukaan dindingnya. Anda mungkin bisa menggunakan cat tembok anti jamur agar tembok lebih awet dan bebas jamur.

2. Menghilangkan jamur dinding dengan baking soda

Baking soda tidak hanya untuk bahan kue saja. Kini banyak yang memanfaatkan baking soda untuk membersihkan berbagai kotoran yang membandel. Salah satunya adalah kotoran dinding yang berupa jamur dan lumut.

Bahan yang mudah ditemukan ini bisa menjadi alternatif cara menghilangkan jamur di tembok selain cuka putih. Namun untuk baking soda ini perlu ditambahkan air terlebih dahulu untuk membersihkan tembok yang berjamur. Gunakan air dingin dan campurkan beberapa sendok baking soda.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik

Kemudian cairan baking soda diaplikasikan ke permukaan dinding yang berjamur dengan kain kering. Pastikan semua permukaan dinding tersebut tertutup baking soda. Tunggu beberapa menit dan biarkan baking soda bekerja pada permukaan dinding yang berjamur tersebut.

Anda bisa sedikit menyikat permukaan tembok yang memiliki jamur tebal dan sulit dihilangkan. Setelahnya, jangan lupa membilas area tembok dengan air bersih.

3. Menghilangkan jamur tembok dengan karbol atau pemutih pakaian

Cairan karbol atau cairan pemutih pakaian bisa juga digunakan untuk menghilangkan jamur di dinding. Sebelum mengaplikasikan cat tembok anti jamur dan lembab, Anda bisa memilih karbol atau pemutih pakaian agar tembok bebas jamur.

Bahan ini bisa dicampur dengan air secukupnya dan kemudian digosokkan ke permukaan dinding yang berjamur. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak lapisan tembok. Jika semua permukaan yang berjamur sudah disikat, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Selain dengan cat, Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara di setiap ruangan agar tembok tidak mudah berjamur ke depannya. Anda juga bisa menyemprotkan obat nyamuk ke tembok yang rentang berjamur secara berkala.

Itulah beberapa cara mengatasi tembok yang berjamur agar bersih dan nyaman dipandang. Anda bisa menutup bekas jamur dinding tersebut menggunakan cat tembok baru agar dinding kembali bagus. Jika tidak memiliki waktu untuk mengecat sendiri, Anda bisa menggunakan jasa atau tukang cat yang sudah berpengalaman.

Apakah Anda kesulitan menemukan jasa tukang cat di sekitar tempat tinggal Anda? Coba cari saja di Suwun.co.id dengan memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Anda bisa memilih beberapa pilihan jasa yang ditampilkan. 

Download juga aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan