Kulkas Tidak Dingin, Isi Freon Kulkas Berapa?

isi freon kulkas

Isi freon kulkas berapa biayanya mungkin menjadi pernyataan bagi Anda semua yang mengalami masalah kulkas tidak dingin lagi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi habisnya isi freon seperti usia pemakaian kulkas hingga adanya kebocoran freon kulkas.

Isi Freon Kulkas Berapa Biayanya?

Kulkas termasuk salah satu barang elektronik yang rentan rusak. Salah satunya karena kehabisan isi freon yang menyebabkan kulkas tidak bekerja optimal dan suhu dinginnya berkurang.

Sebelum membahas harga isi freon kulkas berapa?, kenali terlebih dahulu ciri-ciri freon kulkas habis berikut ini.

1. Berkurangnya Suhu Kulkas

Kulkas bekerja dengan memberikan suhu dingin agar makanan atau minuman yang berada di dalamnya lebih awet dan dingin. Apabila suhu kulkas tidak sedingin biasanya, maka perlu diwaspadai. Berkurangnya suhu kulkas biasanya disebabkan oleh habisnya isi freon.

Baca Juga: Jasa Teknisi Kulkas Panggilan JABODETABEK

2. Tercium Bau Tidak Sedap

Tercium bau tidak sedap menjadi salah satu ciri isi freon kulkas habis. Apalagi jika terjadi kebocoran dalam skala besar, membuat isi kulkas semakin tidak sedap. Hal ini tentu akan mengakibatkan masalah yang lebih serius.

3. Bahan Makanan dalam Freezer Tidak Beku

Ciri yang paling mudah dikenali adalah bahan makanan yang disimpan pada freezer tidak beku. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti masalah pada evaporator yang tergores atau tertusuk sehingga mengakibatkan isi freon habis.

Apabila muncul ciri-ciri di atas, berikut cara mengatasi isi freon habis sebelum pergi ke tempat service antara lain adalah:

  • Matikan kulkas dengan mencabut stekernya.
  • Keluarkan semua makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas untuk mencegah timbulnya aroma tidak sedap.
  • Membersihkan es batu yang menempel pada freezer dan menguras kulkas secara rutin agar kulkas dapat bekerja secara optimal.
  • Tidak menyalakan kulkas pada saat terjadi kebocoran freon.

Kenali terlebih dahulu penyebab kulkas tidak bekerja optimal dan tanyakan isi freon kulkas berapa pada ahlinya. Jasa service kulkas profesional akan menawarkan harga sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan. Tapi, secara umum harga yang ditawarkan berkisar di angka Rp 250.000,- untuk ganti filter, isi freon, pentil, dan flushing. Biaya tersebut untuk kulkas 1 pintu, sedangkan untuk kulkas 2 pintu biayanya pada umumnya di kisaran Rp 350.000,-.

Mau order jasa service kulkas secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan