Mengenal Jenis dan Harga Kayu untuk Atap Rumah

harga-kayu-untuk-atap-rumah

Setiap jenis kayu memiliki karakteristik dan kelebihannya sendiri-sendiri, terutama untuk bagian atap rumah. Tidak mengherankan jika harga kayu untuk atap rumah bervariasi, tergantung dengan kebutuhan dan ukuran masing-masing material tersebut.

Berikut Daftar Harga Kayu untuk Atap Rumah

Ada banyak jenis kayu yang biasa digunakan untuk atap rumah, mulai dari kayu sengon, kayu reng, hingga glugu. Semuanya dapat Anda beli dengan sistem per balok sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa jenis kayu yang bisa dipilih beserta kisaran harganya:

1. Kayu usuk dari pohon sengon

Kayu sengon dikenal sebagai salah satu jenis kayu usuk terbaik untuk atap. Teksturnya cenderung lunak sehingga tidak mudah patah namun memiliki tingkat ketahanan yang lama dan sangat awet. Kayu ini juga dikenal tahan rayap dan banyak digunakan dalam perabotan.

Umumnya, kayu ini dijual dengan ukuran lebar 2-12 cm dengan panjang mencapai 2-4 meter. Dari segi harga juga bervariasi, mulai dari kisaran Rp7.500 sampai dengan Rp80.000 per balok kayu. Harga ini tentu disesuaikan dengan ukuran dan daerah pembelian.

2. Glugu dan harga kayu untuk atap rumah

Ada juga kayu glugu yang berasal dari pohon kelapa. Seratnya yang indah dan strukturnya yang keras menjadikan jenis kayu ini kokoh dan tahan lama. Tingkat pemuaian kayu ini juga cenderung rendah sehingga cocok untuk konstruksi bangunan yang membutuhkan ketahanan.

Baca juga: Harga Balok Kayu: Panduan Membeli Balok Kayu yang Berkualitas

Beberapa toko bangunan kerap menjual jenis kayu ini dalam bentuk balok atau papan. Anda dapat membelinya per kubik supaya lebih hemat, meskipun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda. Adapun harga per kubik berkisar 2,8 sampai dengan 3 juta rupiah.

3. Memilih kayu reng dan harganya

Kayu reng merupakan jenis kayu olahan yang sudah dipotong dan digergaji sedemikian rupa dengan tebal antara 2-3 cm. Beberapa jenis pohon kerap dimanfaatkan untuk pembuatan kayu reng ini, mulai dari kayu meranti, kayu kamper, bahkan kayu borneo.

Dengan memiliki panjang 4 meter, harga kayu untuk atap rumah ini berkisar antara Rp15.000 sampai dengan Rp22.000 per batang. Terbilang cukup mahal, namun dari segi kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Mau order jasa kontraktor bangunan berkualitas? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda.

Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan