Wall Moulding dan Ide Desain Ruang Tamu

warna-tegel-ruang-tamu

Untuk mendekorasi dinding di rumah Anda, Anda bisa lakukan teknik wall moulding atau panel dinding. Cukup beragam material yang biasa digunakan untuk moulding ini termasuk gypsum, bahan kayu, PVC, maupun material lainnya. Manfaat dari penerapan teknik arsitektur ini yaitu untuk memperkaya dimensi visual.

Apa itu Wall Moulding dan Rekomendasi Desainnya Untuk Ruang Tamu?

Agar aksen dinding rumah Anda lebih unik dan terkesan mewah, menerapkan panel dinding adalah ide yang sangat ideal. Lalu apa yang dimaksud dengan moulding dinding ini? Inilah teknik dekorasi arsitektur terhadap aksen dinding. Banyak style moulding yang bisa Anda pilih untuk diterapkan pada rumah Anda seperti klasik, minimalis, dan sebagainya.

Kalau dinding rumah tidak rata permukaannya, maka disarankan untuk terapkan teknik satu ini. Hasilnya adalah tampilan dinding yang lebih mewah dan rapi sehingga lebih enak dilihat. Untuk ruang tamu, Anda bisa membuatnya lebih artistik dan elegan dengan teknik dekorasi dinding ini.

Banyak opsi bentuk, motif, dan jenis material yang bisa dipertimbangkan agar menyesuaikan style interior keseluruhan. Berikut beberapa rekomendasi desain yang bisa Anda pertimbangkan:

– Wall Moulding ala Eropa

Apakah Anda pecinta gaya arsitektur klasik Eropa, maka bisa coba terapkan esensi arsitektur tersebut pada dinding Anda. Pertimbangkan moulding putih elegan dengan motif pada tiap bagian ujungnya. Sebenarnya gaya klasik ini bukan hanya ideal untuk diterapkan pada dinding saja.

Anda bisa juga sempurnakan dengan menerapkan moulding ini untuk langit-langit. Agar semakin elegan, bisa tambahkan lampu mewah nan klasik di langit-langit. Sementara untuk lampu dinding, bisa pertimbangkan lampu tempel bergaya klasik. Sempurnakan dengan lukisan klasik-mewah dan furniture seperti rumah-rumah Eropa.

– Desain dinding kotak-kotak

Inspirasi desain lainnya adalah desain kotak-kotak. Meski simple, tapi desain ini bisa menghindari kesan monoton pada dinding Anda. Desain moulding ini juga fleksibel untuk diterapkan pada ruang-ruang lain selain ruang tamu. Kalau Anda ingin menggunakan beberapa warna, pastikan tidak saling bertabrakan agar tetap elegan.

– Panel dinding artistik dengan lukisan

Kalau dinding Anda ingin lebih berseni, coba untuk buat desain yang bisa menunjang keberadaan lukisan. Lukisan bisa terlihat harmonis dan serasi sehingga indah ketika dipandang orang-orang rumah. Anda tidak perlu khawatir jika ukuran ruangnya kecil karena desain ini bisa disesuaikan begitu juga dengan ukuran lukisannya.

Paten dari konsep ini yaitu ukuran kotak moulding harus lebih luas dari pada target lukisan yang ingin Anda taruh. Jadi, seakan-akan moulding bisa menjadi frame lukisan tersebut. Karena moulding dinding nantinya akan menjadi frame, maka Anda bisa gunakan lukisan yang tidak disertai figura.

Untuk warna moulding, memang bisa cukup membingungkan. Setidaknya ada satu atau dua warna yang terdapat pada lukisan supaya dinding nampak harmonis dengan lukisannya.

Baca Juga: Tips Persiapan Renovasi Rumah

– Desain putih minimalis

Kalau ingin lebih simple atau tidak mencolok, coba terapkan desain ini. Desain putih minimalis ini bisa lebih ramah furniture, alias bisa mempermudah Anda menentukan perabotan ruang tamu. Hasil dari konsep moulding ini adalah kesan lebih terang.

Supaya nampak lebih elegan secara keseluruhan, pertimbangkan dekorasi tambahan dan perabotan yang bergaya Eropa klasik.

– Desain panel dinding miring

Alih-alih terkesan biasa karena garis-garis lurus, Anda bisa pertimbangkan motif moulding yang miring atau diagonal. Ruang tamu Anda akan terkesan lebih unik apalagi jika dikombinasikan antara miring ke kanan dan kiri. Itulah pembahasan seputar pengertian wall moulding beserta ide desainnya.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan