6 Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan yang Mudah

Rumah adalah tempat yang digunakan untuk melindungi tubuh dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Biasanya saat memasuki musim hujan kekhawatiran sering muncul.

Mulai dari atap rumah yang bocor ataupun dinding rumah yang rembes air hujan. Masalah ini adalah masalah yang krusial dan harus cepat ditangani. Jika dibiarkan saja maka bahaya tembok rembes akan membuat rumah kita kotor dan tidak layak.

Berikut beberapa cara mengatasi dinding rembes air hujan untuk menjaga kenyamanan rumah Anda.

6 Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan

1. Perbaiki Talang Air

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rembesan dinding yaitu dengan memperbaiki talang air. Karena jika talang air bocor, maka air hujan akan masuk ke dalam rumah.

Maka dari itu Anda harus lebih sering mengecek kondisi talang air rumah Anda dan melakukan pemasangan yang baik dan benar.

2. Meningkatkan Kualitas Acian

Untuk mengatasi tembok rumah yang rembes air hujan, Anda bisa melakukan pengacian dan pengecatan tembok ulang. Pastikan kualitas aci baru yang digunakan lebih bagus lagi.

3. Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Hujan Menggunakan Waterproofing

Jika memang rembesan air diakibatkan dari kamar mandi, maka Anda bisa menggunakan lapisan waterproofing di dinding kamar mandi. Dengan cara ini maka akan mengurangi kelembaban dinding di kamar mandi.

4. Mengecat Dinding Rumah Yang Sudah Mulai Retak Rambut

Jika dinding rumah Anda sudah mulai retak rambut, maka alangkah lebih baik Anda harus segera menggantinya. Pastikan sebelum mengecat Anda harus mengelupaskan cat sisa yang masih menempel di dinding.

Cara ini selain digunakan untuk mengatasi dinding yang rembes, juga akan mempercantik tampilan tembok rumah Anda yang sudah retak sebelumnya.

Baca juga: Jenis dan Satuan Cat Tembok untuk Hunian

5. Pastikan Pengacian Dinding Kering

Jika pengeringan aci tidak sempurna maka akan mengakibatkan dinding rumah menjadi retak. Keretakan inilah yang akan mengakibatkan rembesan air hujan masuk ke dalam dinding rumah dan membuat dinding lembab.

6. Perhatikan Sirkulasi Udara Di Rumah

Cara mengatasi dinding rembes air hujan yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa ventilasi udara yang dimiliki di rumah Anda itu cukup dan tidak boleh kurang.

Karena dengan siklus udara yang baik maka tidak akan membuat dinding rumah Anda lembab. Pastikan juga ventilasi udara di kamar mandi, karena area ini sangat rawan lembab.

Penyebab Dinding Rumah Rembes Air

Kalian pasti akan bertanya Kenapa air keluar dari dinding?, berikut beberapa penyebabnya

1. Tembok Rembes Air Hujan

Penyebab yang paling banyak dijumpai dari rembesan air hujan ini adalah proses pengacian yang kurang sempurna. Biasanya pengecatan tembok langsung dilakukan tanpa menunggu aci kering sempurna.

Seharusnya pengeringan aci ini harus dilakukan hingga 7 hari agar hasil maksimal dan kemungkinan untuk dinding mengalami keretakan itu sangat kecil.

2. Tembok Rembes Dari Tangga

Biasanya rembesan air yang keluar dari tangga disebabkan dari bocornya talang. Akibatnya air bisa masuk ke dalam rumah melalui celah tangga yang ada.

3. Tembok Rembes Dari Bawah

Penyebab lainnya karena rumah Anda memiliki kelembaban yang cukup tinggi. Dimana ruangan Anda dikelilingi area yang berair seperti kamar mandi. jika sekitar rumah Anda basah dan berair, maka tembok bagian bawah sekitar rumah Anda akan ikut merembes air dan membuat tembok mulai retak rambut.

Itulah berbagai cara mengatasi dinding rembes air hujan yang bisa Anda lakukan saat musim hujan datang. Jika Anda merasa kesusahan, jangan khawatir, Anda bisa langsung kunjungi Suwun.co.id dan cari tukang untuk memperbaiki dinding yang rembes.

Selain itu, Anda juga bisa mencari jasa yang Anda butuhkan lewat aplikasi Suwun yang bisa diunduh dengan mudah di App Store maupun Play Store.

Artikel yang Direkomendasikan