Hal-hal yang Mempengaruhi Biaya Service Pompa Air

pompa-air

Berapa perkiraan biaya service pompa air yang rusak? Pada dasarnya biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki pompa air itu terbilang beragam. Hal ini berkaitan dengan beberapa faktor yang saling berkaitan dengannya. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya service pompa air

Bagi Anda yang ingin melakukan service pada pompa air yang Anda miliki. Namun masih bingung dan bertanya-tanya dengan jumlah biaya yang dibutuhkan. Ada baiknya jika Anda perhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi biaya tersebut. 

Dalam hal ini, tingkat kerusakan pompa menjadi salah satu penyebab yang mempengaruhi biaya perbaikan. Semakin sulit tingkat kerusakan yang ditimbulkan, tentunya semakin besar biaya yang dibutuhkan. 

Selain tingkat kerusakan, jenis pompa yang hendak di service juga menjadi pembeda dari biaya yang dibutuhkan oleh layanan service pompa air terdekat. Jenis pompa dengan ukuran lebih besar tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar pula dan begitupun sebaliknya.

Tahapan perbaikan dari biaya service pompa air

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan adalah tahapan perbaikan yang dilakukan. Pasalnya ada beberapa tahapan yang cukup sering dilakukan, di antaranya: 

1. Pengecekan kerusakan 

Tahap pertama yang dilakukan sebelum perbaikan adalah pengecekan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab utama dari kerusakan yang ada. Pengecekan tidak hanya dilakukan pada setiap bagian yang dimiliki pompa saja, tetapi juga pada instalasi yang dimilikinya. 

2. Service ringan 

Tahap selanjutnya adalah service ringan, jasa service pompa air ini tidak mewajibkan pompa untuk dibawa dari dalam sumur. Seperti halnya pada perbaikan bagian perputaran mesin atau bahkan penggantian bagian karet klep pompa. 

3. Service besar 

Berbeda dengan layanan service ringan di bagian atas tadi. Untuk service besar umumnya proses perbaikan dilakukan secara keseluruhan. Artinya pompa yang ada di bagian dalam sumur pun harus dikeluarkan terlebih dahulu. 

4. Jasa bongkar pasang pompa

Untuk bagian paling akhir adalah layanan atau jasa bongkar pasang. Hal ini umumnya dilakukan apabila Anda hendak mengganti pompa lama dengan yang baru. 

Baca Juga: Ini Jasa Tukang Ledeng Terdekat

Cara perbaiki pompa air dan biaya service pompa air yang dibutuhkan 

Untuk Anda yang ingin tahu seperti apa cara memperbaiki pompa air, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bentuk kerusakan yang dimilikinya. Dengan demikian, cara perbaikan yang dilakukan pun akan semakin tepat. 

Berikut beberapa bentuk permasalahan dan cara perbaikan yang seringkali dilakukan pada pompa air, di antaranya : 

1. Pompa menyala tapi air tidak keluar

Masalah ini seringkali ditimbulkan oleh bagian foot klep yang mengalami kebocoran, baik itu karena aus atau adanya pasir di bagian dalamnya. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengisi blok pompa air hingga penuh dan menghidupkannya kembali. 

2. Kerja pompa lemah 

Masalah yang satu ini seringkali timbul karena melebarnya bagian blok pompa dengan tutup impeller dari pompa air. Dengan demikian air yang disedot berubah menjadi lebih kecil. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti bagian impeller atau juga dapat menambalnya dengan menggunakan lem. 

3. Dinamo pompa yang terbakar 

Jika dinamo pompa memang benar terbakar, hal tersebut dapat Anda ketahui dengan cara mencium bau gosong yang ditimbulkan. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu menggulung ulang bagian yang terbakar tersebut. Namun jika Anda merasa ragu, maka penggunaan jasa service pompa air jakarta selatan pun dapat Anda lakukan. 

Layanan jasa dan biaya service pompa air terbaik

Untuk Anda yang ingin menggunakan layanan service pompa air terbaik. Cobalah untuk mengunjungi https://suwun.co.id/. Situs tersebut menyediakan banyak layanan jasa service pompa yang berkualitas. Selain itu, biaya yang ditawarkannya pun terbilang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Artikel yang Direkomendasikan