Biaya Servis Genset Rumah dan Faktor yang Mempengaruhinya

service genset

Genset rumah akan menjadi alat yang sangat berguna pada saat terjadi mati listrik sehingga semua perangkat elektronik tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Genset juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik sehingga bisa bekerja dengan performa yang baik. Berikut akan kita bahas tentang biaya servis genset rumah beserta faktor yang mempengaruhi besaran biaya yang bisa menjadi referensi jika Anda membutuhkannya suatu saat nanti.

Perkiraan Biaya Servis Genset Rumah

Menurut pengguna genset yang berpengalaman, ada beberapa cara yang bisa menghindarkan kita dari beban biaya servis yang mahal. Diantaranya adalah dengan memberikan perawatan dan pemeliharaan genset secara rutin sehingga kualitas mesinnya terjaga dengan baik. Genset yang dirawat dengan benar tentunya akan terhindar dari resiko kerusakan parah.

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan service pada genset memang bervariasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran biaya yaitu:

a. Jenis genset

Tipe atau jenis genset yang digunakan menjadi faktor utama yang mempengaruhi biaya service. Umumnya untuk biaya service genset jenis diesel jauh lebih mahal dibandingkan biaya service untuk mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar atau jenis hybrid.

b. Kapasitas genset

Faktor yang kedua adalah kapasitas genset yang bisa diukur dengan menggunakan satuan kVA (kilovolt ampere). Penting untuk diingat, bahwa semakin besar kapasitas yang dimiliki genset, semakin tinggi pula biaya service yang dibutuhkannya.

c. Merk genset

Merk dari genset yang digunakan juga berpengaruh pada biaya service. Biasanya untuk jenis genset dari merk popular membutuhkan biaya service yang lebih mahal dibandingkan biaya service untuk genset dengan merk lokal.

d. Lokasi genset berada

Kemudian faktor berikutnya adalah lokasi dimana genset yang diperbaiki berada. Maka sangat disarankan untuk memilih layanan jasa service yang terdekat agar bisa menghemat biaya dan tenaga untuk perbaikan yang dibutuhkan. Selain itu, biaya service untuk genset yang ada di wilayah perkotaan jauh lebih mahal daripada genset yang berada di wilayah pedesaan.

e. Jenis kerusakan genset

Faktor yang terakhir adalah jenis kerusakan yang dialami oleh genset. Jika genset mengalami kerusakan pada beberapa komponen mesinnya dan membutuhkan penggantian suku cadang maka hal tersebut menjadikan biaya servicenya menjadi lebih mahal. Karena bukan hanya membayarkan biaya service saja melainkan juga membeli suku cadang yang dibutuhkan.

Baca Juga: Jasa Teknisi Kulkas JABODETABEK

Tips Menghemat Biaya Servis Genset Rumah

Anda bisa menghemat biaya service untuk mesin genset yang dipakai di rumah dengan menggunakan cara berikut:

  • Usahakan untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin
  • Pilih jenis layanan service yang memberikan paket service sekaligus perawatan mesin genset secara berkala
  • Usahakan untuk selalu menggunakan suku cadang mesin genset yang original
  • Jangan lupa untuk membandingkan harga layanan jasa service genset yang terdekat di wilayah Anda

Anda bisa mendapatkan biaya servis genset rumah yang terjangkau dengan mencari jasa service genset terdekat di situs penyedia jasa Suwun.com. Semoga bermanfaat.

Mau order jasa service genset rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan