Estimasi Rincian Biaya Bangun Rumah Per M2

biaya-bangun-rumah-per-m2

Pada dasarnya, kisaran biaya pembangunan rumah sangat bervariasi tergantung dari jenis, bahan baku, hingga kesulitan pembangunannya. Meski demikian, secara sederhana biaya bangun rumah per m2 dapat ditentukan dari luas bangunan dan menentukan budgetnya.

Asumsi Penghitungan Biaya Bangun Rumah Per M2 2024

Meski demikian, pastikan juga Anda tidak mengesampingkan biaya lain seperti material yang dibutuhkan, biaya jasa, dan berbagai biaya lain yang dibutuhkan. Tidak jarang, berbagai biaya tambahan tidak terduga juga diperlukan untuk berbagai kebutuhan. Berikut contoh rinciannya:

1. Estimasi biaya bangun rumah untuk tipe 36

Rumah tipe 36 termasuk rumah yang simpel dan minimalis. Untuk membangun rumah dengan luas 36 m2 dengan harga 2,5 juta per m2, maka setidaknya Anda membutuhkan biaya 90 juta rupiah. Meski demikian, pertimbangkan kembali biaya tidak terduga dan biaya lain-lain yang diperlukan sehingga setidaknya Anda perlu menyiapkan 100-120 juta rupiah.

Tentunya, perlu dicatat jika penghitungan tersebut bukanlah angka mutlak. Hal ini karena harga bangunan dan tanah per m2 akan berbeda-beda tergantung dengan wilayah. Selain itu, biaya material juga seringkali berbeda tergantung jenis dan daerahnya.

2. Biaya bangun rumah per m2 untuk tipe 45

Rumah tipe 45 umumnya memiliki dimensi 6 x 7,5 meter dengan luas tanah sekitar 90 m2. Dengan harga per m2 mencapai 2,5–3 juta rupiah, biaya yang diperlukan setidaknya adalah 135–270 juta rupiah menyesuaikan luas per meter persegi rumah tersebut.

Baca juga: Kalkulator Bangunan: Tips Jitu Menghitung Biaya Bangun Rumah

Biaya di atas tentu bukan merupakan harga mutlak. Diperlukan penghitungan yang detail mengenai biaya material, biaya jasa untuk keperluan seperti air, listrik, dan bangunan, serta biaya lain yang disesuaikan dengan pembangunan rumah tersebut.

3. Perkiraan biaya bangun rumah untuk tipe 60

Rumah dengan type 60 dikenal memiliki luas yang lapang dan nyaman disertai dengan taman. Umumnya, rumah tipe 60 ini lebih ideal jika dibangun menjadi 2 lantai dengan dimensi total mencapai 6 x 10 meter di atas tanah seluas 120–150 meter.

Adapun biaya bangun rumah per m2 untuk ukuran rumah ini terbilang besar jika ditambah dengan pembangunan taman. Mulai dari biaya material yang bisa mencapai 6 juta per m2, biaya pekerja yang dapat mencapai 3 juta, hingga biaya lain-lain. Jika di total, biayanya bisa mencapai lebih dari 500 juta rupiah, meskipun tetap disesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Mau order jasa kontraktor rumah yang terjangkau? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda.

Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan